Amerika Serikat Tuduh Rusia Main Kaki Atas Sanksi Korea Utara

Nikki Haley, Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB. Foto Getty Image
Nikki Haley, Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB. Foto Getty Image

Washington,Sayangi.com- Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley sedikit berang. dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB kemarin. Ia menuduh Rusia telah “mencurangi’’ sanksi-sanksi internasional terhadap Korea Utara. Iapun mengatakan Rusia merongrong upaya Amerika untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

‘’Korupsi di Rusia seperti virus,’’ ujar Haley dalam pertemuan di Dewan Keamanan PBB hari Senin (17/9)Haley menyebutkan ‘’Korupsi di Rusia seperti virus. Ini menghalangi kemampuan kita untuk melakukan denuklirisasi menyeluruh di Korea Utara.

Wakil AS di PBB itupun mengatakan ia kesal atas laporan dari para pakar independen yang memantau penerapan sanksi-sanksi PBB. Amerika telah memberikan bukti kepada para pakar itu tentang pelanggaran yang dilakukan Rusia. Akan tetapi laporan yang disajikan kepada anggota-anggota dewan itu menghilangkan bagian pelanggaran Rusia.

Utusan Rusia di PBB menyatakan ragu, sementara China menyatakan keberatan atas sanksi-sanksi terkait Korea Utara yang diajukan AS lewat Komite Sanksi PBB itu.

Kebalikan dari Amerika, Rusia dan China justru menyerukan agar Dewan Keamanan PBB melonggarkan sanksi-sanksi terhadap Korea Utara. Hal ini lantaran menurut kedua Negara tersebut Pyongyang telah bersedia membuka dialog dengan AS dan menghentikan percobaan-percobaan rudalnya.