Bank Dunia Tegaskan Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini Lebih Kuat dari 1997/1998

Bank Dunia. (Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Bank Dunia menyatakan, saat ini kondisi ekonomi Indonesia berbeda dengan tahun 1997-1998. Pernyataan tersebut sekaligus merespons pandangan yang menyatakan Indonesia dilanda krisis seperti 1998.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo Chavez mengatakan, depresiasi rupiah hingga sembilan persen year to date memang membawa arus modal keluar dan dipandang serupa dengan kejadian 1997-1998.

“Tapi kenyataanya, tahun ini tidak lebih buruk dari 2013 dan 1998. Indonesia berada pada posisi yang lebih kuat pada saat ini,” kata Rodrigo dalam laporan ekonomi Indonesia per kuartal, di Soehana Hall, Energy Building, Jakarta Selatan, Kamis (20/9).

Menurut Rodrigo, saat ini Indonesia punya fundamental ekonomi yang kuat dibanding pada saat krisis 20 tahun lalu. Beberapa data menunjukkan kondisi Indonesia yang lebih baik, salah satunya defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Dia melanjutkan. berdasarkan penelitian Bank Dunia, ekonomi RI saat ini juga lebih kuat ketimbang Brazil dan negara lain. Hal ini tidak lepas dari koordinasi antara pemerintah dan Bank Indonesia (BI) untuk menjaga ekonomi tetap stabil.

“Kita percaya manajemen makroekonomi oleh pemerintah dan Bank Indonesia bisa menjaga situasi,” ujar dia.