Ngaku Sespri Kapolri, Pria di Depok Menipu Pengusaha Hingga Rp 1 Miliar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengamankan satu tersangka bernama Rahmat Hidayat, terkait kasus penipuan dan atau penggelapan. Rahmat diamankan di kawasan Bojongsari, Depok, pada Rabu (15/8) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, dalam aksinya pelaku mengaku sebagai sekretaris pribadi Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian. Dengan mengaku sebagai Sespri Kapolri, ia melakukan penipuan terhadap korban bernama  Eliza Rozali.

“Dalam aksinya pelaku mengaku dapat mempertemukan korban dengan para petinggi Polri,” ujar Argo dalam keterangan tertulisnya, Senin(24/9).

Untuk dapat bertemu dengan para petinggi Polri, sambung Argo, pelaku meminta sejumlah uang kepada korban. Karena korban yang juga seorang pengusaha ini percaya, akhirnya ia memberi cek kepada pelaku.

“Karena korban merasa percaya kepada pelaku, korban memberikan tiga lembar cek secara bertahap. Sehingga total korban memberi uang kepada pelaku senilai Rp1 miliar,” jelasnya.

Ketika uang sudah diserahkan, korban curiga karena pelaku tiba-tiba menghilang, tanpa memberi tahu kapan ia dapat bertemu dengan petinggi Polri yang dimaksud. Merasa ditipu, akhirnya korban melapor ke pihak Polda Metro Jaya.

“Berdasar keterangan dari korban, akhirnya tim bergerak. Akhirnya pelaku dapat kita tangkap,” kata Argo.

Polisi menyita sejumlah barang bukti dari tangan pelaku seperti dua ponsel milik pelaku, satu dompet, satu unit laptop, dan satu kartu ATM milik pelaku. Karena perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan atau penggelapan.