Bawaslu Jakpus Gelar Rakernis Siapkan SDM Pengawasan di Tingkat Bawah

Bawaslu Jakarta Pusat meggerlar Rakernis Pengawasan Pemilu 2019 di Hotel Dragon Inn, Jakarta Pusat, Rabu (26/9). (Foto: Sayangi.com/Fahri)

Jakarta, Sayangi.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar “Rakernis Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum DPR, DPD, dan DPRD, serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Ketua Bawaslu Kota Jakarta Pusat M. Halman Muhdar mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan rakernis adalah untuk menyiapkan SDM pengawasan di tingkat bawah dalam melakukan pengawasan, serta menjaga komitmen dan integritas dalam melakukan pengawasan di lapangan.

“Tujuan diadakannya kegiatan rakernis untuk menyiapkan SDM pengawasan pemilu di jajaran bawah (Pengawas Kelurahan) dalam melakukan pengawasan, menjaga komitmen, serta menjaga integritas dalam melakukan pengawasan pemilu”, ujar Halman dalam sambutannya di Hotel Dragon Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/9).

Selain menyiapkan SDM pengawasan, kegiatan rakernis, kata Halman, bertujuan untuk menyatukan persepsi sehingga setiap jajaran pengawas pemilu, khusunya di kota Jakarta Pusat dapat memahami tugas, wewenang dan kewajibannya sebagai pengawas pemilu. Untuk itu, dalam kegiatan tersebut Bawaslu Jakpus membekali pengawas kelurahan dengan penguasaan materi-materi terkait pengawasan dan UU Pemilu.

“Kami berharap pengawas kelurahan mencurahkan fokus dan perhatian, karena ada materi yang akan disampaikan oleh Bawaslu mulai tingkat kota, Provinsi DKI, dan Bawaslu RI,” jelas Halman.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Jakpus, Roy Sofia Fatra Sinaga menjelaskan, kegiatan rakernis sengaja mengundang Panwas di tingkat kelurahan untuk meningkatkan kapasitas di bidang pengawasan selama tahapan kampanye yang sudah dimulai.

Sementara anggota Bawaslu Kota Jakarta Pusat Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Cecep A. Rukman berharap kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Panwas Kelurahan untuk menambah wawasan di bidang pengawasan.

“Pertemuan ini adalah momentum untuk Panwaslu kelurahan untuk bertanya sebanyak banyaknya mengenai pengawasan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu 2019,” jelas Cecep.

Untuk diketahui, kegiatan Rakernis Pengawasan Pemilu ini diselenggarakan selama dua hari yakni 26-27 September 2018, di Hotel Dragon Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan Bawaslu Kota Jakarta pusat yakni M. Halman Muhdar, Roy Sofia Fatra Sinaga, Cecep A. Rukman, Jonson Samosir dan Budi Iskandar Pulungan.