Dihadapan Sidang Umum PBB JK Ungkap Pemimpin Ideal Tak Harus Sekuat Avengers

Wapres Yusuf Kalla Berpidato di Sidang Umum PBB di Washington,Kamis (27/9/2018). Foto UN
Wapres Yusuf Kalla Berpidato di Sidang Umum PBB di Washington,Kamis (27/9/2018). Foto UN

Washington,Sayangi.com- Wapres Jusuf Kalla telah menyampaikan pidato kenegaraan Indonesia di sidang umum PBB, Kamis (27/9) waktu setempat.  Melalui pidatonya,di Markas PBB New York, Wapres Jusuf Kalla menegaskan pentingnya kepemimpinan yang ideal untuk mewujudkan perdamaian dunia.

JK membeberkan dunia terus menghadapi tantangan global yang kompleks dimana konflik diiringi instabilitas yang terus muncul. Pelanggaran HAM dan demokrasi masih menjadi masalah keseharian dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Dalam kondisi seperti ini, menurut JK, pemimpin dunia sering salah mengartikan cara memimpin yang tepat. Orang no 2 Indonesia ini mengatakan seringkali pemimpin dunia menganggap bahwa kepemimpinan ideal adalah yang kuat. Kepemimpinan yang memiliki kekuatan seperti superhero,tutur JK.

“Namun, dunia tak perlu mencari superhero. Kita tidak memerlukan kekuatan Avengers atau Justice League,” imbuh JK. Kita yang berada di ruangan ini adalah pemimpin dunia. Kita memiliki kekuatan superhero,” ujarnya.

Akan tetapi, yang sebenarnya harus dilakukan adalah mengoptimalkan keberanian, keinginan, kekuatan dan semangat kita dalam memimpin. Inilah esensi sebenarnya dari Persatuan Bangsa Bangsa atau PBB .

Sebagai pemimpin dunia, ujar JK, seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan harus bekerja bersama untuk saling menyemangati satu sama lain. Semangat tersebut khususnya dalam mencapai tujuan dan target PBB. Inilah kriteria pemimpin dunia yang ideal.

“Untuk mewujudkan perdamaian, persamaan, keberlanjutan bagi masyarakat kita diperlukan kepemimpinan global dan berbagi tanggung jawab. Sebab tidak ada kepemimpinan yang efektif tanpa tanggung jawab,” pungkasnya.