Hari Batik Nasional jadi Trending Setter Medsos

Aneka Batik kazanah kekayaan Nusantara.Foto WorldPress
Aneka Batik kazanah kekayaan Nusantara.Foto WorldPress

Jakarta,Sayangi.com- Hari batik nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober menjadi trending topics di twitter hari ini. Hari ini lebih dari  2.700 lebih kicauan membahas soal hari batik nasional. Selain itu, pengguna twitter juga ramai-ramai memamerkan outfit batik yang dikenakannya.

Seolah tak mau ketinggalan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lewat akun instagramnya yang mengajak semua warga Jawa Barat memakai batik. Hal tersebut untuk merayakan salah satu hari budaya nasional ini.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) secara secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia  pada 2 Oktober 2009.UNESCO merupakan  Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan.

Badan PBB UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik oleh UNESCO merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.