Bermodal Foto Bersama Kapolri, Pria Ini Tipu Pengusaha Hingga Rp 1 Miliar

Polisi mengamankan RH karena telah menipu seorang pengusaha berinisial AA hingga Rp 1 miliar.

Jakarta, Sayangi.com – Polisi berhasil mengamankan seorang berinisal RH, karena telah menipu seorang pengusaha berinisial AA hingga Rp 1 miliar. Dalam melakukan aksinya, RH mengaku sebagai sekretaris pribadi Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, AA merupakan pengusaha yang bergerak di bidang IT dan ingin masuk tender proyek di Polri. Dengan bermodal foto bersama Kapolri, akhirnya AA percaya pelaku memang Sespri Kapolri.

“Dia berhasil berfoto dengan Kapolri dengan cara menyelinap. Bermodal foto itu akhirnya korban percaya pelaku memang sespri Bapak Kapolri,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (9/10).

Argo menjelaskan, apa yang dilakukan RH telah mencoreng nama Polri dan khususnya Tito Karnavian sebagai Kapolri. Menurutnya, setiap tender proyek di Polri telah memakai e-catalogue yang menjamin transparansi.

“Dia ini juga pernah nipu di Yogyakarta memakai baju polisi berpangkat AKP. Ia juga diketahui pernah melakukan penipuan juga di Makassar,” katanya.

Di tempat yang sama, RH mengaku uang hasil penipuan dibagi dengan tiga rekannya dan ia mendapat jatah Rp 550 juta. Sementara, rekan pelaku berinisial AL VR dan HR masing-masing mendapat Rp 150 juta.

“Uangnya sudah buat saya belikan tanah di Palembang, tapi sudah dijual, sudah saya belikan perabotan. Saya ngaku ajudan Pak Kapolri,” kata Rahmat.

Lebih jauh RH mengaku menyesal telah menipu dengan mengatasnamakan Kapolri. Secara pribadi, ia juga meminta maaf kepada Jenderal Pol Tito Karnavian.

“Saya mohon maaf lahir bathin, mohon maaf kepada Kapolri. Saya demi Allah menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatan ini lagi,” ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.