Rizal Ramli Juga Tuntut Surya Paloh Ganti Rugi Rp1 Triliun, Uangnya Untuk Petani

Rizal Ramli Laporkan Surya Paloh ke Bareskrim Polri, Selasa (16/10). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Ekonom senior Rizal Ramli melaporkan balik Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke Bareskrim Polri. Surya dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik terhadap Rizal.

Laporan Rizal diterima dengan nomor laporan LP/B/1309/X/2018/Bareskrim tertanggal 16 Oktober 2018.

Rizal mengatakan, laporan terhadap dirinya telah mencederai nama baiknya sebagai salah satu tokoh nasional Indonesia. Tuntutan ganti rugi juga telah disiapkan pihaknya, bila kelak Surya Paloh ditetapkan bersalah.

“Seandainya polisi berhasil membuktikan dugaan merusak nama baik ini, Bang Surya Paloh harus membayar ganti rugi materil dan immateril sebesar Rp 1 triliun,” ujar Rizal di kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa(16/10).

Uang sebanyak itu, kata Rizal, tidak akan dinikmatinya sepeserpun. Ia berjanji uang ganti rugi itu akan disumbangkan ke para petani di Indonesia.

Karena menurutnya, nasib petani di Indonesia saat ini masih sangat memprihatinkan. Terlebih lagi, kebijakan impor pangan pemerintah yang dinilainya makin membuat susah petani.

“(Uang ganti rugi sebesar) Rp 1 triliun ini seluruhnya kami akan sumbangkan kepada petani dan petambak garam di Indonesia,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Bidang Hukum, Advokasi dan HAM Partai Nasdem Taufik Basari, melaporkan Rizal Ramli ke Polda Metro Jaya pada 17 September 2018. Taufik melaporkan Rizal Ramli atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah. Laporan itu merujuk pada pernyataan Rizal ketika menjadi narasumber di program dua stasiun televisi masing-masing pada 4 dan 6 September 2018.

Perseteruan ekonom senior Rizal Ramli dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh belum berhenti. Setelah sebelumnya Rizal yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya, kali ini Rizal yang melaporkan Surya Paloh ke Bareskrim Polri.

“Hari ini kita ke Bareskrim untuk menuntut balik Surya Paloh melaporkan karena ada dugaan perusakan nama baik Rizal Ramli,” ujar Rizal.