Timnas U-19 Tekuk Taiwan dengan Skor 3-1

Timnas U-19 kontra Tim U-19 Taiwan. (Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Timnas U-19 Indonesia berhasil mengalahkan Tim Taiwan U-19 di laga pembuka Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (18/10) malam. Timnas U-19 menang dengan skor 3-1.

Gol-gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh Egy Maulana Vikri (’50) dan dua gol dari Witan Sulaeman (70) dan (88). Sementara Taiwan hanya mampu memperkecil ketertinggalan via Wang Chung Yu pada menit ke- 52.

Dengan kemenangan ini, Timnas U-19 kini untuk sementara memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi tiga angka. Mereka memiliki poin serupa dengan Uni Emirat Arab (UEA) yang menang atas Qatar pada laga sebelumnya tetapi unggul selisih gol.

Setelah imbang di 45 menit pertama, Timnas U-19 lebih trengginas begitu babak kedua dimulai. Belum laga berusia dua menit, dua peluang Egy Maulana Vikri memaksa penjaga gawang Taiwan, Li Guan Pei, bekerja ekstra mengamankan gawangnya.

Usaha Egy akhirnya berbuah hasil menginjak menit ke-50. Berawal dari umpan silang Witan Sulaeman di sisi kiri perahanam Taiwan, bola kirimannya memang berhasil ditahan Karl Hu-Josefsson. Akan tetapi hasil sepakan yang tak sempurna membuat Egy dengan mudah menaklukan Li Guan melalui sepakan kaki kirinya. Skor 1-0 Timnas U-19 unggul.

Unggulnya satu angka Timnas U-19 langsung direspons cepat oleh Taiwan. Memanfaatkan serangan balik, Wang Chung Yu berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari pergerakan Tu-Shao melewati Rachmat Irianto, bola diumpan kepada Wang Chung yang sudah mananti di depan gawang M. Riyandi.

Usaha penyerang bernomor punggung 11 ini memang sempat dihalau Nurhidayat, akan tetapi blok yang tak sempurna menjadi penyebab gol tercipta. Skor 1-1 Taiwan menyamanakan kedudukan pada menit ke-52.

Sama-sama mencetak satu gol, baik Taiwan dan Timnas U-19 sama-sama memeragakan permainan terbuka. Perhatian khusus tentu disematkan kapada pelatih Taiwan, Von Ca Nhum. Sebab, sepanjang babak pertama, Taiwan hanya bermain menunggu dan pada babak kedua mereka mampu berada di sepertiga akhir pertahanan Timnas U-19. Dan salah satu peluang pun hadir melalui Lan Ha Yu pada menit ke-57 meski masih menyamping.

Selepas menit ke-60, Timnas U-19 berhasil lepas dari tekanan. Bahkan dua kans berhasil diciptakan oleh Witan Sulaeman sebanyak dua kali pada menit ke-64 dan 68. Akan tetapi, usaha pemain 16 tahun ini masih menemui jalan buntu.

Menginjak menit-70 Witan akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Lahirnya gol kedua Timnas U-19 di laga ini adalah andil M. Luthfi lewat situasi bola mati dan tangkapan tak sempurna penjaga gawang Taiwan yang membuahkan blunder. Dengan menunduk bola menyusur tanah, Witan berhasil menggandakan kedudukan. Skor 2-1 Timnas U-19 kembali unggul.

Memasuki 15 menit jelang laga berakhir, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, melakukan penyegaran dengan menarik M. Rafli Mursalim dan Saddil Ramdani untuk diganti Todd Rivaldo Ferre dan Feby Eka Putra.

Masuknya dua penggawa ini memang memberikan variasi serangan. Utamanya, di lini sayap. Beberapa peluang yang sempat tercipta harus gagal berbuah hasil. Penyebabnya, penyelesaian akhir yang terburu-buru membuat peluang Egy, Witan, Todd dan Asnawi gagal menambah angka.

Namun, saat laga sepertinya akan berakhir dengan skor 2-1, Witan hadir sebagai pahlawan dengan menyegel kemenangan lewat golnya. Memanfaatkan sepakan Egy yang berupaya mengelabui penjaga gawang yang kadung maju, bola muntahnya lebih dekat ke Witan dan lewat kaki kanannya, Witan mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-88.

Hingga wasit Mooud Bonyadifard asal Iran meniupkan peluit akhir tanda berakhirnya skor 3-1 tetap untuk kemenangan Timnas U-19.