Nutrisi Ikan Kembung Lebih Tinggi Dibanding Ikan Salmon

Ikan Kembung memiliki zat Omega 3 yang tinggi dibanding Ikan Salmon. Foto youtube
Ikan Kembung memiliki zat Omega 3 yang tinggi dibanding Ikan Salmon. Foto youtube

Jakarta,Sayangi.com- Selama ini ikan salmon mendapat publikasi sebagai bahan pangan super dengan kadar asam lemak Omega-3 yang tinggi. Untuk itu jika harga ikan salmon masuk kategori ikan mahal.

Harganya yang mahal dan dagingnya yang berwarna merah cerah membuat banyak orang mengira ikan salmon punya kualitas lebih unggul dari ikan lokal.

Faktanya tak harus melulu salmon jika yang dicari adalah Omega-3. Ikan Kembung adalah ikan lokal dengan kandungan Omega-3 yang bahkan lebih tinggi daripada salmon. Nutrisi gizi yang dikandung ikan kembung juga totalnya juga tak kalah dengan ikan Salmon.

Ikan kembung berasal dari famili Scombridae dan genus Rastrelliger. Ikan kembung adalah jenis ikan pelagis kecil yang menjadi komoditas utama para nelayan kelas menegah.

Namun siapa sangka Ikan kembung adalah sumber gizi yang sangat baik. Vitamin D yang terkandung di dalamnya membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi yang sehat.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (20/10), ikan kembung memiliki Kandungan protein yang tinggi, Omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine. Zat Selenium pada ikan kembung lebih tinggi daripada salmon.

Omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.Manfaat utama dari omega 3 adalah memperbaiki kadar lemak dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit jantung koroner. Selain itu, asam lemak ini sangat penting untuk produksi dan pengembangan sel otak.