KPK Periksa Fuad Amin dan Tubagus Chaeri Wardana Terkait Suap Kalapas Sukamiskin

Juru Bicara KPK Febri Diansyah

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa terpidana korupsi, mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin dan adik mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap mantan Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen.

“Fuad Amin dan Wawan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WH dalam kasus dugaan suap di Lapas Sukamiskin,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (22/10).

Fuad Amin dan Wawan telah memenuhi panggilan penyidik KPK. Mereka berdua datang bersamaan sekitar pukul 12.20 WIB.

Keterangan dua narapidana kasus korupsi itu dibutuhkan untuk melengkapi berkas penyidikan Wahid. Diduga, mereka berdua mengetahui kasus dugaan suap yang menjerat Wahid.

Diketahui, Fuad Amin dan Wawan tak berada di selnya masing-masing saat tim penindakan KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin, Bandung, Sabtu 21 Juli lalu.

Saat itu, mereka disebut tengah keluar untuk izin berobat ke sebuah rumah sakit.

Wahid diduga menerima suap dari narapidana kasus korupsi proyek pengadaan di Badan Keamanan Laut (Bakamla) Fahmi Darmawansyah. Dia diduga menerima uang Rp 279 juta dan 1.410 dolar AS, serta dua unit mobil yakni Mitsubishi Triton Exceed dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar.