Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 magnitudo Guncang Sumbawa Barat

Foto BMKG
Ilustrasi

Jakarta,Sayangi.com- Gempa bumi magnitudo 4,7 kembali mengguncang Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya. Gempa tersebut terjadi pada Selasa dinihari, pukul 02.39 WIB atau 03.39 WITA.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan, pusat gempa tersebut terletak pada koordinat 9,32 lintang selatan dan 117,21 bujur timur.

Menurut release yang disiarkan BMKG,  gempa tersebut berlokasi di laut pada jarak 75 kilometer tenggara Sumbawa Barat, NTB pada kedalaman 55 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, Selasa (23/10/2018).

Agus menerangkan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, dan Lombok Barat III MMI.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa tersebut terjadi akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” ucap Agus.

Hingga pukul 03.22 WIB atau 04.22 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Meski demikian kami mengimbau masyarakat di Sumbawa Barat, dan Lombok agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,ujarnya.

Sebelumnya, BMKG telah mencatat gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter mengguncang Kabupaten Lombok Utara dan sekitarnya. Gempa bumi tersebut terjadi pekan lalu,Kamis (18/10). Gempa tersebut terjadi pukul 08.13 WIB atau 09.13 WITA.