Direktur CIA Terbang Ke Istanbul Turki Selidiki Kematian Khashoggi

Direktur CIA Gina Haspel turun tangan investigasi kematian Jamal Khasoggi jurnalis whasington post. Foto YouTube
Direktur CIA Gina Haspel turun tangan investigasi kematian Jamal Khasoggi jurnalis whasington post. Foto YouTube

Ankara,Sayangi.com- Direktur CIA Gina Haspel lakukan perjalanan ke Turki. Perjalanannya ini diduga guna menyelidiki kasus kematian Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang dibunuh di Turki.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berwacana bakal mengerahkan intelijen top ke Turki. Akan tetapi Trump tidak memberikan rincian lengkapnya.

Trump hanya menyatakan,” Kami memiliki intelijen di Turki. Kami akan melihat apa yang kami milik.. Saya akan mengetahui lebih banyak besok,” jelasnya. Mereka akan kembali malam ini atau besok pag, namun kami memiliki orang di Arab Saudi dan Turki,” imbuh Trump.

Kedatangan Direktur CIA ini mengikuti komitmen  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk mengungkap seluruh kejadian yang mereka sebut upaya pembunuhan oleh Arab Saudi. Kedatangan Haspel diperkirakan sebagai upaya Washington mengorek informasi milik Turki.

Sebelumnya, Turki mengungkapkan adanya rekaman audio milik pejabat yang berhasil merekam pembunuhan tersebut.

Terkait hal tersebut juru bicara CIA menolak memberikan komentar kepada awak media. Namun juru bicara lainnya menyebut kunjungan direktur CIA dilakukan secara anonim, karena perjalanan ini mambawa isu yang sensitif.

Kekhawatiran kepala intelijen AS bagi Washington adalah jika Erdogan akan membuka detil pembunuhan Khashoggi. Tentunya hal ini yang akan mempengaruhi posisi Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Sebab MBS telah menjadi sekutu kunci bagi Trump dan saat ini menjadi penguasa Saudi secara de facto nanti.