Survei Terbaru Populi Center, Jokowi-Ma’ruf Masih Jauh Memimpin

Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga

Jakarta, Sayangi.com – Populi Center merilis hasil survei terbaru terkait preferensi politik menjelang 2019: Personalitas dan Soliditas Pasca Penetapan capres dan cawapres.

Peneliti Populi Center, Dimas Ramadhan mengatakan, survei ini dilakukan secara scientific dengan mendasarkan pada penarikan sampel sesuai kaidah probability sampling di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini diselenggarakan pada tanggal 23 September hingga 1 Oktober 2018 setelah penetapan dan pengundian nomor urut pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, serta setelah dibentuknya tim kampanye nasional baik dari kubu Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi.

“Tujuannya adalah untuk mengetahui peta elektabilitas kandidat pasca penetapan pasangan oleh KPU. Survei ini dengan cara wawancara tatap muka dengan 1.470 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error plus minus 2,53 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Dimas di kantornya, Jakarta Barat, Rabu (24/10).

Dari sisi elektabilitas pasangan, kata Dimas, Jokowi-Ma’ruf mendapat angka elektabilitas sebesar 56,3 persen. Sementara itu, elektabilitas Prabowo-Sandiaga berada di angka 30,9 persen.

Adapun untuk tingkat kemantapan pilihan, jumlah masyarakat yang telah mantap dengan pilihannya sedikit meningkat dari 72,6 persen di bulan Agustus menjadi 75,2 persen.

Di sisi lain, jumlah pemilih yang masih mungkin berubah pilihannya juga menurun darl 13,4 persen menjadi 12,1 persen. Dilihat berdasarkan sebaran pemilihnya, sebanyak 65,1 persen pemilih pasangan Joko Widodo Ma’ruf Amin adalah pemilih yang sudah mantap dengan pilihannya.

“Sementara, pemilih pasangan Prabowo-Sandiaga yang sudah mantap dengan pilihannya ialah sebesar 33,3 persen,” tandasnya.