Bangkai Pesawat Belum Ditemukan, Basarnas Fokuskan Pencarian de Dasar Laut

Penamuan serpihan pesawat Lion Air di perairan Karawang.

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi mengatakan, pihaknya telah menemukan titik jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Seperti diketahui, pesawat Lion Air JT 610 mengalami hilang kontak setelah terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dan jatuh di perairan Tanjung Karawang, Senin (29/10) lalu.

“Kalau titik koordinat (jatuhnya pesawat) sudah ditemukan,” ujar Syaugi di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (30/10).

Meskipun demikian, kata Syaugi, pihaknya belum menemukan dimana bangkai pesawat nahas tersebut berada. Saat ini tim penyelam dari Basarnas dan TNI masih mencarinya.

“Jadi sekarang masih dicari oleh tim penyelam. Dari kita sudah 30 penyelam dibantu tim TNI 20 penyelam, jadi gabungan ya,” jelasnya.

Untuk mempercepat proses pencarian korban dan bangkai pesawat, maka Basarnas memfokuskan pencarian di dasar laut. Apalagi, serpihan pesawat dan potongan tubuh korban yang mengambang sudah sangat sedikit.

“Kita lihat yang di permukaan sudah tidak ada. Jadi kita fokus pada yang di bawah di dasar laut,” katanya.

Lebih jauh Syaugi mengakui, ada sejumlah kesulitan yang didapati pihaknya terkait pencarian korban jatuhnya Lion Air tersebut. Namun baginya, kepastian mengenai nasib korban lebih penting dari seluruh kendala yang dihadapi.

“Kita bekerja pakai hati, itu artinya kita merasakan apa yang dirasakan korban. Makannya tidak ada kendala, hanya masalah waktu,” pungkasnya