Diduga Lakukan Pelanggaran Kampanye, Jangkar PSI Laporkan Prabowo ke Bawaslu RI

Advokat Jangkar PSI, Manotar Tampubolon, saat menyampaikan laporan ke Bawaslu RI, Selasa (30/10). (Foto: Sayangi.com/Fahri)

Jakarta, Sayangi.com – Jaringan Advokasi Rakyat Partai Solidaritas Indonesia (Jangkar Solidaritas) melaporkan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan beberapa orang timnya ke Bawaslu RI. Mereka diduga telah melakukan pelanggaran kampanye.

“Kita laporkan Capres nomor urut 02, gak usah saya sebut namanya lah ya, dan beberapa orang timnya,” kata pengurus Jangkar Solidaritas, Manotar Tampubolon di kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Dia menilai, saat mendeklarasikan aksi Gerakan Emak dan Anak Minum Susu (Emas) di Lapangan Klender, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu, Prabowo dan timnya melibatkan anak di bawah umur.

“Dugaan tindakan mereka yang melibatkan anak-anak di bawah umur untuk melakukan kampanye politik dan itu merupakan agenda kampanye. Mereka juga diduga menjanjikan sesuatu kepada emak-emak yang ada di situ, kita ada rekaman videonya,” ungkapnya.

Dalam laporan tersebut, kata Manotar, pihaknya menyerahkan barang bukti berupa delapan rekaman video di lokasi deklarasi Generasi Emas yang dihadiri Prabowo. Adapun, jumlah terlapor ada lima orang.

“Ada lima orang yang kita laporkan. Di antaranya capres nomor urut 02,” terangnya.

Dia menjelaskan, Prabowo diduga melanggar Pasal 280 ayat 1 butir J, ayat 2 butir K Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Sudah kami serahkan laporannya,” ujarnya.