Dinilai Bisa Rusak Citra DPR, Politisi NasDem Ini Sarankan Taufik Kurniawan Mundur dari Jabatannya

Johnny G Plate. (Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Johnny G Plate, menyarankan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan untuk segera mengundurkan diri dari jabatannya.

Hal itu disampaikan Johnny menyusul penetapan status Taufik sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dalam kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

“Kita mendorong segeralah mundur, karena dia pimpinan DPR, dianggap ada hubungannya dengan DPR. Padahal itu kan tindakan perorangan,” kata Johnny di Komplek parlemen Senayan,Jakarta, Rabu (31/10).

Anggota Komisi XI DPR ini menilai, penetapan Taufik sebagai tersangka kasus korupsi telah merusak citra DPR. Menurutnya, Taufik seharusnya memiliki kesadaran moral dan tidak perlu menunggu proses hukum yang sedang berjalan.

Sebab, untuk pergantian anggota DPR hanya ada tiga cara, yaitu meninggal, terjerat kasus hukum yang sudah inkrah, dan mengundurkan diri.

“Harus menggunakan kesempatan yang ketiga, mengundurkan diri dari parlemen secara keseluruhan dan menyelamatkan reputasi partai politik. Itu kan dia pimpinan partai politik,”lantangnya.

KPK menetapkan Taufik sebagai tersangka suap terkait dengan anggaran dana alokasi khusus (DAK) fisik pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 untuk Kabupaten Kebumen.

KPK menduga Taufik menerima Rp 3,65 miliar dari Bupati Kebumen nonaktif, Mohammad Yahya Fuad.