Tim Penyelam Berhasil Angkat Black Box Lion Air di Kedalaman 30 Meter

Black box (Ist)

Karawang, Sayangi.com – Tim penyelam Taifib Marinir TNI AL akhirnya berhasil mengangkat black box Lion Air yang jatuh di perairan Ujung Karawang, Jawa Barat. Black box ditemukan di kedalaman 30 meter dan dalam kondisi utuh.

“Kondisinya utuh di dalam lumpur kedalaman 30 meter,” kata penyelam dari satuan Taifib Marinir, Sertu Hendra di perairan Ujung Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11).

Hendra melakukan penyelaman hingga ke dasar lautan. Dia bersama tim lainnya akhirnya berhasil mengangkat black box Lion Air dan memasukkannya ke dalam kontainer.

Hendra menutrkan, saat melakukan pencarian, arus laut kencang dan menyulitkan tim. Beruntung, setelah mengikuti alat yang dipakai, ia menemukan black box pesawat nahas tersebut.

Namun, sampai saat ini, belum diketahui black box yang ditemukan merupakan Cocpit Voice Recorder (CVR) atau Flight Data Recorder (FDR).

Setelah menemukan black box ini, tim Taifib Marinir langsung menyerahkan ke Basarnas. Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi juga hadir di kapal yang berhasil menemukan black box itu.