Catat, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Aksi 211 Besok

Aksi Barisan Nusantara Pembela Tauhid (BNPT) di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (26/10). (Foto: Sayangi.com/Fahri)

Jakarta, Sayangi.com – Sejumlah ormas Islam berencana menggelar aksi di depan kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Aksi yang diklaim akan dihadiri puluhan ribu massa ini disebut Aksi Bela Kalimat Tauhid 211.

Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Metro AKBP Sudarmanto mengatakan, pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di sepanjang jalan yang akan dilewati massa aksi. Pengalihan dilakukan situasional, agar masyarakat juga tidak terganggu dengan adanya aksi ini.

“Jadi dari Jalan Hayam Wuruk pengendara akan diarahkan untuk belok ke kiri ke arah Gajah Mada. Jadi nggak bisa lurus ke Majapahit,” ujar Sudarmanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (1/11).

Pengendara dari TL Bina Graha setelah belok kiri ke Jalan Juanda akan diluruskan ke arah Pasar Baru, Jalan Doktor Sutomo. Termasuk yang mau balik di Tugu Adi Pura itu juga diluruskan.

“Kemudian untuk Pasar Baru itu lurus ke Gunung Sahari bisa ke kanan Gedung Kesenian, di situ ada pertigaan. Di sana bisa ke kanan ke jalan Lapangan Banteng Utara atau dia ke kiri ke Budi Utomo ketemu jalan Gunung Sahari,” katanya.

Selanjutnya, kata Sudarmanto, setelah Jalan Merdeka Utara apabila akan dibelokkan ke kanan arah Masjid Istiqlal. Pengendara di Tugu Adi Pura tidak bisa belok kiri, tapi akan belok ke kanan kembali ke Pasar Baru.

“Kemudian arah kiri arah Pejambon arah hotel Borobudur akses jalan bisa ke kiri hotel Borobudur ke arah Sawah Besar ke arah kanan ke Pejambon. Nanti di depan Stasiun Gambir bisa ke kanan ke arah Pertamina maupun ke kiri ke arah Tugu Tani,” paparnya.

Lebih lanjut Sudarmanto mengatakan, pengendara yang mengarah ke depan Pertamina tidak boleh belok kiri ke Jalan Merdeka Utara. Pengendara akan diarahkan untuk belok kanan ke Perwira arah Lapangan Banteng.

Kemudian, setelah salat Jumat, massa akan gerak berjalan kaki melawan arus ke Perwira dan ke Pertamina atau Kostrad. Nantinya massa akan diarahkan ke pintu masuk Monas Timur Laut, sehingga tidak ada massa di depan Istana, Majapahit dan Veteran.

“Sementara massa ke kiri Tugu Tani itu nanti belok kiri ke Senen Kwitang, massa dari Gunung Agung ke Tugu Tani termasuk Cikini dan Menteng yang arah mau ke Monas itu lurus lewat Medan Merdeka Timur. Jadi nggak ada belok kiri ke TL Batu lewat kedutaan Amerika nggak ada, jadi lurus,” tandasnya.

Ditlantas Polda Metro Jaya sendiri akan menerjunkan sebanyak 712 personelnya, untuk mengamankan aksi esok hari. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf juga langsung turun ke lapangan untuk memimpin pengamanan lalu lintas.