Polri Yakin Dalam Waktu Dekat Dapat Menangkap Penyebar Hoaks Penculikan Anak

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Polri telah menemukan setidaknya lima akun Facebook terkait penyebaran hoaks penculikan anak. Pihak Bareskrim Polri tengah menelusuri akun-akun tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya telah mengetahui pemilik akun-akun tersebut. Dalam waktu dekat ini ia yakin, bahwa pihaknya akan berhasil menemukan pemilik akun yang meresahkan masyarakat.

“Setidaknya sudah ada lima akun yang sudah ketahuan, teridentifikasi tinggal upaya paksa. Upaya paksa itu berupa penangkapan,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (2/11).

Menurut Setyo, pemilik akun berasal dari sejumlah daerah yang ada di Indonesia. Namun mayoritas pemilik akun berasal dari Pulau Jawa.

“Saya lupa detailnya (pemilik akun) dari mana saja, tapi kebanyakan di pulau Jawa,” katanya.

Lebih jauh jenderal bintang dua ini juga mengatakan, pihaknya masih akan mengidentifikasi keterkaitan para pelaku. Selain itu, Polri juga akan mendalami motif penyebaran video hoaks tersebut.

Sebelumnya, belakangan ini jagad media sosial dihebohkan dengan isu penculikan anak di sejumlah daerah. Namun setelah ditelusuri, baik video maupun informasi penculikan tersebut hanya hoaks belaka.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto berjanji, pihaknya akan mengusut tuntas informasi menyesatkan ini. Sekarang, Polri tengah menganalisis berita hoaks penculikan anak, serta siapa akun yang pertama kali menyebarkannya.

“Kami sedang analisis dan verifikasi tentang berita hoaks penculikan yang diposting di media sosial tersebut. Akan segera kami ungkap secara tuntas, termasuk penyebarnya,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/10).