Topan Gaja Sapu India : 13 Orang Tewas Dan Ribuan Orang Dievakuasi

Badai Silikon Gaja menerjang wilayah Tamil Nadu,India. Foto India Times
Badai Silikon Gaja menerjang wilayah Tamil Nadu,India. Foto India Times

New Delhi,Sayangi.com- Topan Gaja mendarat di negara bagian Tamil Nadu, India selatan pada Jumat (16/11). Pemerintah India mengumumkan jumlah korban meninggal dunia akibat badai topan Gaja sebanyak 13 jiwa. Selain itu, sebanyak 81 ribu jiwa terdampak topan yang menghantam pantai Tamil Nadu Jumat (16/11) pagi.

Berdasarkan data Pusat Tanggap Darurat Nasional (NERC) sebanyak enam distrik Tamil Nadu dan dua distrik di Puducherry dilanda badai siklon. Badai ini juga membawa hujan lebat yang mengguyur negara bagian selatan dan wilayah persatuan.

Secara keseluruhan sebanyak 81.948 orang terkena dampak topan itu. Usai terpaan Gaja, Menteri Dalam Negeri Rajnath Singh memanggil Ketua Menteri Tamil Nadu K Palaniswami dan meyakinkannya semua bantuan siap menghadapi dampak badai siklon.

Singh juga mengarahkan pejabat setempat memantau situasi di Tamil Nadu dan memberikan semua bantuan kepada administrasi negara. “Yakinkan semua bantuan dari pusat untuk mengurangi dampak situasi yang timbul karena angin puting beliung,” himbau Singh.

Rilis yang dikeluarkan pemerintah Tamil Nadu menyatakan, saat ini pendataan dampak kerusakan masih dilakukan. Selanjutnya, data akan dikirim ke pemerintah pusat di New Delhi.

Ketua Menteri Palaniswami menjelaskan pemerintah mengambil sejumlah sikap menanggapi terjangan badai. Pemerintah daerah telah  mendirikan 471 kamp bantuan di Tamil Nadu dan 57 kamp di Puducherry.

Sebanyak sembilan tim yang terdiri dari 237 regu penyelamat dengan 19 kapal dikerahkan di Tamil Nadu. Sebanyak dua tim NDRF yang terdiri dari 50 penyelamat dengan empat kapal dikerahkan di wilayah Puducherry.

Direktur jenderal Departemen Meteorologi India, K. J. Ramesh mengatakan topan Gaja mendarat pada Jumat pagi. Badai lalu melemah ketika bergerak ke wilayah pedalaman.

Pemerintah negara bagian telah mengevakuasi lebih dari 80 ribu orang dari rumah penduduk di daerah-daerah rawan.  Pejabat Tamil Nadu Edappadi K Palaniswami mengumumkan kompensasi sebesar 14 ribu dolar AS akan diberikan untuk keluarga dari korban tewas.

sumber:ndtv.com