Jerman Larang 18 Tersangka Pembunuh Khashoggi Masuk Zona Eropa

Bendera Uni Eropa. Foto Getty Image
Bendera Uni Eropa. Foto Getty Image

Berlin,Sayangi.com– Jerman menolak untuk berkomentar keterlibatab mohammed Bin Salman terkait terbunuhnya Khsoggi. Namun Jerman telah mengeluarkan larangan masuk 18 warga Saudi tersangka pembunuhan Khashoggi. Ke-18 orang itu secara efektif. Kesemua tersangka pembunuh Khasoggi  dilarang memasuki zona Schengen Uni Eropa.

Juru bicara kementerian luar negeri Jerman mengatakan, larangan itu diberikan kepada 15 orang yang dituduh melakukan pembunuhan. Tiga lainnya diduga mengorganisir pembunuhan itu. Namun, pihak Kemenlu Jerman menolak menyebutkan daftar rincian nama nama tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, kami telah berkoordinasi erat dengan Prancis dan Inggris, dan Jerman memutuskan. Koordinasi tersebut sepakat untuk menempatkan larangan masuk bagi 18 orang itu. Nama mereka telah dimasukkan dalam database sistem Schengen,” ujar juru bicara itu.

Jubir tersebut menolak berkomentar apakah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang dituduh intelijen Amerika Serikat (AS) memerintahkan pembunuhan itu, berada di antara daftar orang yang ditolak masuk ke Eropa oleh Jerman?.

Sebelumnya, Departemen Keuangan AS pada Kamis (16/11) mengumumkan sanksi terhadap 17 warga Saudi atas peran mereka dalam pembunuhan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Mereka yang dijatuhkan sanksi oleh AS termasuk Saud al-Qahtani, mantan pembantu utama Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan Konsul Jenderal Saudi Mohammed Alotaibi.

Hukuman itu akan dilaksanakan di bawah Undang-Undang Pertanggung-jawaban Hak Asasi Manusia Magnitsky Dunia. Undang undang ini membidik pelaku pelanggaran berat hak asasi manusia dan korupsi.

Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin, menyatakan semua orang tersebut telah membidik dan membunuh secara keji wartawan, yang tinggal dan bekerja di Amerika Serikat, harus menghadapi akibat dari tindakannya.