Duo Korea Menghubungkan Jalan DMZ Melintasi Perbatasan

Perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Foto CNN
Perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Foto CNN

Seoul,Sayangi.com- Negara Korea Selatan dan Korea Utara menghubungkan jalan di perbatasan melalui zone Demiliterisasi. Jalan duo Korea ini terbentang sepanjang tiga kilometer di dalam Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara itu. Demikian laporan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap.

Kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap melaporkan Jalan tak beraspal akan digunakan untuk mengangkut personil dan peralatan. Jalan tersebut akan digunakan untuk menggali sisa-sisa jasad pertempuran berusia 60 tahun. Dari jalan sepanjang tiga km itu, 1,7 km milik Korea Selatan (Korsel), dan 1,3 km milik Korea Utara (Korut).

Dilansir dari borneobulletin.com, Jumat (23/11/2018),terhubungnya jalan duo Korea tersebut bawah pakta militer yang ditandatangani September lalu. Pakta tersebut ditanda tangani oleh para menteri pertahanan dua Korea setelah pertemuan puncak.Keputusan itu bertujuan untuk mendukung proyek bersama menggali mayat korban Perang Korea di lokasi pertempuran sengit.

Kementerian Pertahanan Seoul dalam sebuah pernyataan berujar” Jalan itu
dibangun di Cheorwon. Wilayah ini berada di pusat semenanjung Korsel. Untuk pertama kalinya sejak Perjanjian Gencatan senjata ditandatanganiguna menghentikan konflik Perang Dingin 1950-1953.

“Ini juga bermakna secara historis karena membuka jalan bagi upaya praktis untuk mendorong proyek penggalian bersama yang bertujuan menyembuhkan luka perang melalui jalan ini, yang dibangun di pusat salah satu pertempuran paling sengit.

Pada hari Selasa (20/11) lalu,sumber di Korsel melaporkan bahwa Korut telah menghancurkan 10 pos penjaga di DMZ.

Sebelum KTT (September) pertemuan yang ketiga dalam setahun Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu pada tanggal 27 April. Peretmuan tersebut diikuti dengan penandatanganan Deklarasi Panmunjom untuk Perdamaian, Kemakmuran dan Penyatuan Semenanjung Korea bersejarah.

Perjanjian tersebut telah menjadi landasan formal bagi denuklirisasi Korut lebih lanjut dan kesepakatan damai antara kedua negara. Kedua pemimpin Duo Korea ini telah bertemu lagi pada 26 Mei. Pada pertemuan tersebut kedua pemimpin Duo Korea ini telah membahas perdamaian abadi di Semenanjung Korea.