Australia : Perlakuan Anti-Semit Dan Aktivitas Neo-Nazi Meningkat

Anggota kelompok Antipodian Resistance Australia di sebuah kamp bulan Mei 2017. Foto VOA
Anggota kelompok Antipodian Resistance Australia di sebuah kamp bulan Mei 2017. Foto VOA

Canberra,Sayangi.com- Dewan Eksekutif Yahudi Australia telah melaporkan peningkatan insiden anti-semitisme (anti-semit). Ia menyatakan tindakan tersebut angkanya mencercah 60 persen. Ia menambhakan kejadian itu yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh Australia pada tahun 2018, dibanding dengan tahun 2017.

Laporan mengatakan insiden anti-semitisme meningkat 60 persen pada tahun 2018 dibandingkan dengan tahun 2017. Maenuurtnya ada lebih banyak insiden yang dilaporkan di NSW daripada di negara bagian lainnya.

Dilansir ABC Selasa (27/11/2018) semua Dewan Eksekutif Yahudi Australia mengatakan bahwa temuan ini harus menyadarkan semua warga Australia

Laporan tentang Anti-semitisme di Australia juga mengidentifikasi peningkatan aktivitas neo-Nazi yang terang-terangan. Dilaporkan tindakan itu dilakukan oleh kelompok-kelompok seperti Antipodean Resistance. Kelompok ini menyebutkan yang menggambarkan diri mereka sebagai “Hitler yang Anda tunggu-tunggu”.

Dari 366 insiden yang tercatat di cabang-cabang negara bagian dari Dewan Eksekutif Yahudi Australia dan kelompok komunitas Yahudi lainnya, 156. JIka dipersenkan angka tersebut mencapai 43 persen.

Menurut Dewan Eksekutif Yahudi Australia kejahatan tersebut dapat dikategorikan sebagai serangan yang penyerangan, pelecehan, vandalisme, dan grafiti. Ancaman melalui email, surat, panggilan telepon, atau selebaran, poster dan stikerĀ mengalami peningkatan.

Ada lebih banyak insiden yang dilaporkan di New South Wales (NSW) daripada di negara bagian lainnya. Di wilayah ini laporan tecatat mencapai jumlah 166 kasus.

Sementara jumlah serangan hanya meningkat sedikit, ancaman meningkat sebesar 147 persen, terutama karena kampanye terpadu menempatkan stiker dan poster di sekitar sinagog dan sekolah.

“Bukti menunjukkan dengan jelas peningkatan tajam dalam jumlah insiden anti-semit di Australia,” kata penulis laporan itu, Julie Nathan. Orang Yahudi terus dilecehkan secara verbal dan dilecehkan di sekitar sinagog secara teratur, serta di jalan-jalan di daerah pinggiran kota.”

Seperti tahun-tahun sebelumnya, laporan itu mencatat, serangan sering terjadi pada hari Sabtu (Sabat Yahudi). Biasanya hari tersebut warga Yahudi sedang berjalan ke dan dari sinagoge.

Ia juga mencatat korelasi antara peningkatan insiden anti-semitisme dan lonjakan kekerasan dalam konflik Timur Tengah – apakah konflik itu melibatkan Israel atau tidak.

DilporkanĀ seorang lansia yang tinggal di Sydney, terbangun pada suatu pagi dan menemukan lambang swastika oranye yang dicat pada sepotong kayu. Putranya, Jonathan Kaplan, yakin seseorang pasti memperhatikan ketika orang tuanya mengeluarkan kotak mereka di hari pembersihan dewan.

“Pasti ada beberapa literatur Ibrani, atau sesuatu dengan teks Ibrani di atasnya,” katanya. Namun warga Yahudi tidak takut. Saya pikir mereka benar-benar sedih dan marah bahwa seseorang akan melakukan itu.”

Kaplan mengatakan, ia tak berpikir polisi telah menyelidiki insiden itu. Mereka mengambil laporannya dan mengatakan bahwa tidak ada yang bisa mereka lakukan,” ujarnya.

“Mereka berterima kasih kepada ibu saya karena telah membawa kasus ini ke perhatian mereka, tetapi mereka ingin tahu hanya untuk catatan mereka sendiri.” CEO Dewan Eksekutif Yahudi Australia (ECAJ), Alex Ryvchin. Dia mengatakan ada peningkatan yang jelas dan mencolok dalam mengorganisir dan melakukan insiden anti-semitisme di Australia.

Kami melihat kampanye pelecehan yang didominasi dalam bentuk selebaran dan brosur dan poster. Gambar gambar tersebut sangat mengerikan yang menyerukan eksekusi orang Yahudi,” katanya. Ia mengatakan, salah satu temuan yang paling mengkhawatirkan dari laporan itu adalah bahwa serangan itu telah menjadi sifat neo-Nazi yang lebih berani.

Sudah pasti ada peningkatan aktivitas neo-Nazi tradisional,” kata Ryvchin. Hal tersebut semacam aliran dari nasionalisme dan ultra-nasionalisme, dan kemudian menjadi pemuliaan Holocaust.”

“Keberanian yang mencolok” dari sayap kanan tercermin di seluruh dunia Barat, kata laporan itu. Banyak elemen yang sebelumnya telah berkonsentrasi untuk memfitnah Islam sekarang mengalihkan fokus mereka kepada orang Yahudi.

Laporan itu mengatakan bahwa telah terjadi lonjakan desakan agar orang-orang Yahudi dibunuh, dan pemusnahan orang Yahudi di seluruh dunia. Tuntutan dalam poster dengan gambar-gambar orang Yahudi yang terbunuh, seperti yang dibuat oleh Antipodean Resistance di Australia.

“Kami juga melihat upaya bersama oleh anggota-anggota itu untuk menyusup ke partai politik arus utama,” beber Ryvchin.