Moskow Klaim Penangkapan Kapal-kapal Ukraina di Laut Hitam Sesuai Hukum

Kapal Ukaina dihadang Kapal Rusia ditengah Laut Hitam. Foto Unian
Kapal Ukaina dihadang Kapal Rusia ditengah Laut Hitam. Foto Unian

Kiev,Sayangi.com- Perselisihan antara antara Ukraina dan Rusia alami peningkatan. Hal tersebut dipicu saat dua kapal Angkatan Laut Ukraina yang berada di Laut Hitam dekat wilayah Krimea, mengalami insiden dengan AL Rusia hari Minggu (25/11).

Dilansir dari VOA news Selasa (27/11), pasca kejadian itu Ukraina mengatakan berhak untuk membela diri melawan Rusia. Sedangkan Rusia mengklaim pihaknya telah bertindak sesuai hukum internasional, sementara perselisihan antara kedua negara itu meningkat.

Rusia menembaki dua kapal angkatan laut Ukraina dan menabrak kapal ketiga hari Minggu (25/11) di Laut Hitam. Moskow kemudian menahan kapal-kapal yang dituduhnya memasuki perairan teritorialnya secara ilegal itu.

Terkait peristiwa tersebut Presiden Ukraina Petro Poroshenko menuntut Rusia agar segera membebaskan para pelaut dan kapal-kapal Ukraina tersebut.

Semantar Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh Ukraina melanggar norma internasional. Lavrov menyebut tidakan tersebut merupakan “metode berbahaya yang menciptakan ancaman dan risiko bagi pelayaran kapal yang normal di daerah itu.”

Tak perlu waktu lama Dewan Keamanan PBB mengadakan rapat darurat untuk mengatasi situasi tersebut. Rapat Darurat sebagai bentuk upaya dalam mencegah agar tidak bereskalasi.

l