KPK Periksa Deddy Mizwar Terkait Kasus Meikarta

Deddy Mizwar

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai saksi terkait kasus suap pengurusan perizinan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi.

Selain Deddy, KPK juga memeriksa Staf Kabid Tata Ruang PUPR Kabupaten Bekasi Elsawati, HRD PT MSU Andi Yosua, Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan KLH, Ary Sudijanto, dan pengacara Perry Cornelius Sitohang.

Untuk Deddy dan Perry diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro (BS). Sementara saksi lainnya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DT.

Bahkan lembaga anti rasuah tersebut pada hari ini memeriksa sejumlah tersangka dalam kasus korupsi Meikarta, seperti Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBJ Nahar, serta tiga pejabat dinas di Kabupaten Bekasi yang sudah menjadi tersangka dugaan suap.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan bahwa pemeriksaan Deddy Mizwar untuk mendalami kasus proyek Meikarta.

“Kami perlu mendalami terkait rekomendasi perizinan Meikarta,” ujar Febri saat dikonfirmasi, Rabu (12/12).

Diketahui dalam kasus itu, KPK menduga sejumlah pihak yang ditetapkan tersangka telah menerima komitmen fee Rp 13 miliar untuk memuluskan proses perizinan proyek Meikarta.

KPK menyangka suap diberikan oleh Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro, dua konsultan dan satu pegawai Lippo Group.