Mahasiswa Uhamka Berikrar Wujudkan Suasana Pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk

Ketua BEM Uhamka, Arief Rahman Hakim membacakan ikrar mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk, Kamis (3/1). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo).

Jakarta, Sayangi.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uhamka bekerjasama dengan Persatuan Gerakan Kebangsaan (PGK) mengadakan kuliah umum dengan tema “Memperteguh Semangat Kebangsaan Mahasiswa dalam Menjaga Kedamaian dan Kesejukan Kontestasi Pilpres 2019”. Acara ini digelar di Aula Ahmad Dahlan, Uhamka, Jakarta Timur, Kamis (3/1).

Ketua BEM Uhamka, Arief Rahman Hakim mengatakan, ada kemungkinan Pilpres dan Pileg akan menimbulkan polarisasi di masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa harus menjadi garda terdepan dalam persatuan dan kemajuan bangsa.

“Agar Indonesia dapat menjadi negara yang semakin diperhitungkan di kancah internasional,” ujar Arief sebelum Wakasatgas Nusantara Polri Brigjen Pol Fadil Imran memberikan kuliah umum.

Mahasiswa Uhamka.

Selain itu, dalam acara tersebut, Arif juga membacakan pernyataan sikap Uhamka, untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk. Pernyataan sikap tersebut juga diikuti serentak oleh sekira 600 mahasiswa yang datang.

Begini bunyi pernyataan sikap dari mahasiswa Uhamka;

Kami Mahasiswa Uhamka menyatakan:

1. Senantiasa menjadi mitra kritis pemerintah dalam melaksanakan kebijakan demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera.

2. Ketidakberpihakan pada poros manapun secara organisasi, demi menjaga komitmen dan tanggung jawab sebagai generasi bangsa yang menjunjung tinggi kebhinnekaan.

3. Menolak dan mengutuk keras segala bentuk eksploitasi isu SARA sehingga
menyebabkan pada politik identitas yang mencederai persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Menjunjung tinggi nilai kebenaran serta bersatu padu melawan ujaran kebencian dan informasi hoaks yang berpotensi menyebabkan konflik horizontal di tengah masyarakat.

5. Mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk serta mendorong politik yang bermatabat dan berkualitas.

6. Menghimbau pada generasi millenial agar tidak apatis pada Pemilu 2019 dan diharapkan untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara bertanggungjawab.

Selain Wakasatgas Nusantara Polri Brigjen Pol Fadil Imran, turut hadir juga Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Uhamka, Bunyamin dan Sekjen PGK Ryan Hidayat.