640 Penerbangan di 2 Bandara Jerman Tersandera Mogok Kenaikan Upah

Lutfansa Foto SFGate
Lutfansa Foto SFGate

Berlin,Sayangi.com– Gelombang aksi mogok kerja telah terjadi di Jerman. Aksi mogok menuntut kenaikan upah menyebabkan kerugian dalam dunia penerbangan.

Lebih dari 640 penerbangan di Jerman dibatalkan karena staf keamanan di bandara Duesseldorf, Cologne dan Stuttgart melakukan mogok. Dasar pemogokan adalah untuk menekan manajemen dalam membicarakan persoalan upah pada Kamis (10/1/2019).

Laporan Reuters menyebutkan, dari total 1.054 penerbangan terjadwal, 643 dibatalkan. Keputusan tersebut telah mempengaruhi perjalanan para penumpang dengan penundaan signifikan di pos pemeriksaan keamanan. Dilaporkan rata-rata sekitar penumpang yang melewati bandar tersebut mencapai 115.000 penumpang per hari.

Dikabarkan serikat pekerja sektor publik Verdi mengatakan pihaknya melakukan negosiasi atas nama 23.000 pekerja keamanan di Jerman. Pembicaraan upah disebut akan dilanjutkan pada 23 Januari. Serikat pekerja menuntut kenaikan gaji hingga 20 euro (£18) per jam sebelum pajak.

Sebelumnya Senin lalu, pemogokan telah terjadi di bandara Schoenefeld dan Tegel di Berlin. Aksi mogok ini telah menyebabkan penundaan dan pembatalan penerbangan. Tercatat sekitar 1.000 pekerja keamanan ambil bagian dalam pemogokan Verdi mengatakan pemogokan hari Kamis,akan berlanjut sampai akhir hari kerja.

Juru bicara serikat pekerja Andrea Becker, menyebutkan setelah lima hari perundingan, lalu perundingan terhenti. Dan itulah mengapa kami pikir perlu untuk bergerak dengan pemogokan peringatan ini hari ini.

sumber: guardian