Seoul Kembali Tuding Jepang Lakukan Aksi Provokasi di Perairan

Korea Selatan Klaim Jepang Lakukan Provokasi di Laut. Foto SCMP
Korea Selatan Klaim Jepang Lakukan Provokasi di Laut. Foto SCMP

Seoul,Sayangi.com- Televisi di stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, menayangkan berita terkait pesawat patroli milik militer Jepang, 23 Januari 2019. Seoul menyebutkan sebuah pesawat militer Jepang, Rabu (23/1), melakukan tindakan provokatif. Dikatakan pesawat militer Jepang telah melakukan penerbangan rendah di atas kapal-kapal angkatan lautnya.

Direktur operasi untuk Ketua Gabungan Kepala-kepala Staf Militer Korea Selatan,Jenderal Suh Wook, mengatakan kepada wartawan di Seoul, pesawat patroli Jepang itu terbang pada ketinggian 60-70 meter. Pesawat patroli tersebut berada di perairan internasional di lepas pantai Pulau Jeju.

Jenderal Suh mengatakan, ini merupakan insiden serupa ketiga bulan ini yang melibatkan pesawat militer Jepang yang terbang dekat kapal perang Korea Selatan. Suh memperingatkan, Korea Selatan bakal merespon sesuai peraturan militernya.

Lantas Kementerian Pertahanan Korea Selatan memanggil atase pertahanan Jepang dari kedutaannya di Seoul untuk mengajukan protes resmi.

Dikutip dari Reuters (24/1) insiden Rabu ini merupakan babak terbaru sengketa militer kedua negara Asia yang bertetangga yang memanas sejak bulan Desember lalu. Awalnya Jepang mengklaim sebuah kapal perusak Korea Selatan mengunci radar targetnya ke sebuah pesawat pemantau Jepang di Laut Jepang.

Sebaliknya Korsel menuduh pesawat Jepang telah terbang terlalu dekat ke kapal perusak Korsel, saat itu kapal sedang terlibat dalam operasi penyelamatan. Terkait berita tersebut, Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya di Tokyo,membantah tuduhan Korea Selatan. Sementara Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan, penting bagi kedua negara ini untuk mempertahankan komunikasi yang terbuka.