Di Kampung Halaman, BTP Ceritakan Kehidupannya di Penjara

Basukit Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok saat berada di Kampung Gantung, Belitung Timur, Minggu (3/2). (Foto: intstagram/basukibtp)

Tanjungpandan, Sayangi.com – Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok membeberkan kondisi dia selama menjalani masa hukuman atas kasus penodaan agama di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang.

“Kondisi dan pola hidup di penjara jauh berbeda, setelah saya bebas, kesehatan saya sedikit terganggu demam,” kata dia, kepada wartawan saat pulang ke kampung halamannya, Desa Lenggang Guntung, Belitung Timur, Babel, Minggu.

Ia kemudian dengan lugas menceritakan kondisi dan aktivitas rutin selama lebih kurang dua tahun dipenjara. “Selama menjalani masa tahanan pola hidup sehat dan serba teratur seperti jadwal makan, olahraga, dan juga waktu istirahat,” ceritanya.

Ia mengatakan, hidup di tahanan itu rutin tidur jam 10 malam, makan jam 5 sore kemudian terakhir makan malam kemudian bisa tidur siang dan olahraga.

“Itu pola hidup yang sangat teratur dan sehat, namun setelah bebas saya sedikit kelelahan karena padatnya jadwal pertemuan hingga larut malam,” ujarnya.

Setelah keluar, kata dia, pertemuan tidak bisa dibatasi ada jam 10 malam tidak bisa tidur siang, makanya sedikit demam penyesuaian tubuh.

“Ini saya pulang kampung memang sudah direncanakan begitu bebas saya pulang kampung dulu bersama keluarga,” tuturnya.