Kota New York Akan Miliki Museum Anjing

Museum Anjing di kota New York, Foto USA Today
Museum Anjing di kota New York, Foto USA Today

Washington,Sayangi.com- Warga Amerika sangat menyayangi hewan peliharaan mereka, salah satunya adalah anjing. Tak mengherankan bila kini terdapat sebuah Museum Anjing bagi penggemar hewan peliharaan tersebut.
Sepertinya ide membuka museum anjing cocok bagi warga Kota New York. Untuk itu the American Kennel Club Museum of Dog pecinta anjing akan kembali dibuka di Kota New York pada bulan Februari ini.

The American Kennel Club Museum of Dog sebelumnya berada di St. Louis, Missouri selama 30 tahun. Walau tidak memajang anjing hidup, namun setidaknya pengunjung dapat mempelajari sejarah dan berbagai ras anjing di museum tersebut. The American Kennel Club atau AKC, merupakan badan tertua di Amerika yang mengelola pendaftaran ras anjing murni.

Dikutip dari VOA Senin, (11/2 Alan Fausel, direktur eksekutif Museum of the Dog, menjelaskan sekilas seputar tabel ras anjing yang memberikan informasi tentang asal, bentuk, perangai, sejarah dan penampilan berbagai ras anjing.

Museum Anjing itu menampilkan 150 barang koleksi dan memiliki sebuah perpustakaan yang dilengkapi dengan 15 ribu buku. Di antara koleksi museum itu terdapat lukisan anjing peliharaan keluarga kerajaan dan presiden-presiden Amerika, termasuk mendiang mantan presiden Amerika, George H.W. Bush dan George W. Bush.

Museum Anjing itu juga memamerkan kerangka tulang Belgrave Joe. Dimuseum ini juga akan dijumpai Anjing jenis fox terrier. Jenis anjing ini sangat terkenal pada abad 19 karena menjadi pelopor ras fox terrier. Dituliskan anjing jenis fox terrier sebelumnya tidak pernah ada pada tahun 1860-an.

AKC, The American Kennel Club juga dikecam karena mempromosikan pembiakan anjing sebagai kontes kecantikan. Namun pihak AKC mengatakan, ada manfaat dari pembiakan anjing, yaitu dapat meningkatkan karakter anjing mulai dari teman manusia hingga menjadi anjing pelacak bom.

Alan mengatakan, anjing-anjing masa kini memiliki perannya sendiri. Anjing-anjing itu dikembangbiakan untuk melakukan tugas khusus di masyarakat. AKC berharap, Museum Anjing baru yang berlokasi di dekat Terminal Grand Central, New York itu dapat menarik lebih banyak pengunjung dan pecinta anjing.