Dijanjikan uang, Warga Ukraina Dikerjai Kampanye Hoax

Warga Ukraine tertipu kampaye Bodong, Foto BBC
Warga Ukraine tertipu kampaye Bodong, Foto BBC

Kiev,Sayangi.com- Warga Ukraina telah datang ke kota Kiev untuk ikut `berkampanye`. Para warga tersebut tak tahu bahwa aksi mereka tengah disiarkan melalui internet.

Hal ini berangkat dari seorang pria Ukraina mengerjai warga dengan menjanjikan sejumlah uang kepada siapa saja. Pria tersebut menawarkan sejumlah uang bagi siapa saja yang bersedia datang ke sebuah kampanye pemilu bodong.

Diwartakan Oleksiy Utkin, melalui akun media sosialnya, menawarkan uang sogokan sebanyak UAH 1.000 (Ukrainian Hryvnyas) atau sekitar Rp517 ribu bagi yang bersedia bergabung. Massa juga dijanjikan akan diberi lebih dari itu, jika mereka bisa membawa teman, seperti dilaporkan 1+1 TV.

Namun akhirnya Utkin terkejut karena banyak orang yang benar-benar menghadirinya.

Aksi tersebut untuk mendukung kampanye seorang `kandidat` presiden Ukraina, Serhiy Filatov. Kampaye tersebut telah digelar selama 3 jam di tengah kondisi udara membeku.

Akan tetapi para pendukung bayaran tersebut tidak mengetahui, sebenarnya tak ada kandidat presiden Ukraina bernama Filatov.

Lebih dari 200 orang muncul di Jalan Andriyivskyy Uzviz di kota Kiev, sambil meneriakkan slogan pro-Filatov, tanpa menyadari bahwa aksi mereka tengah disiarkan secara langsung melalui internet dengan menggunakan kamera web Utkin. Mereka juga tak tahu-menahu bahwa sebenarnya mereka tak akan dibayar seperti yang dijanjikan sebelumnya.

Di wilayah Ukraine lainnya, kampanye bodong buatan Utkin juga berhasil mengelabui warga kota pelabuhan Laut Hitam, Odessa. Sekelompok kerumunan orang berkumpul di patung Duc de Richelieu di area tangga. Ditempat yang menjadi terkenal berkat film tentang Einstein tahun 1925 lalu, orang orang tersebut mengelu-elukan Filatov.

Wartawan setempat lantas menanyai para pendukung Filatov, yang tampaknya tak peduli saat mengetahui bahwa kandidat yang mereka dukung bahkan tidak terdaftar sebagai peserta pilpres. Oleksiy Utkin penncetus kampaye bodong terkejut melihat sambutan masyarakat.