Militer India Tembak Dalang Bom Bunuh Diri di Kashmir

Kepolisian India tangkap 23 orang yang telah menewaskan 44 polisi India. Foto The News articles
Kepolisian India tangkap 23 orang yang telah menewaskan 44 polisi India. Foto The News articles

Khasmir,Sayangi.com- Pasukan India melakukan operasi di Pulwama. Pasukan Keamanan India menyebutkan bahwa pihaknya telah meringkus dua tersangka utama di balik serangan bom bunuh diri di Kashmi. Dua orang tersebut dilaporkan tewas dalam baku tembak pada Senin (18/2/2019).

Sebagaimana diwartakan Reuters Senin (18/2) pihak kepolisian menyebutkan bahwa dua orang tersebut merupakan warga negara Pakistan. Dan keduanya disinyalir anggota kelompok militan Jaish-e-Mohammad (JeM).

Selain dua dalang bom bunuh diri, empat orang anggota militer dan satu orang warga sipil turut menjadi korban dalam baku tembak tersebut. Sementara dari pihak kepolisian sebanyak enam lainnya mengalami cedera.

Beberapa sumber dari pasukan keamanan menyatakan salah satu militan yang tewas diidentifikasi sebagai Abdul Rashid Gazi alias Kamran Bhai.

Serangan bom bunuh diri terhadap konvoi korps paramiliter di Kashmir pada Kamis (14/2/2019) menewaskan setidaknya 40 orang. Serangan tunggal ini menjadi yang paling mematikan bagi pasukan India selama tiga dekade konflik di wilayah sengketa India-Pakistan itu.

Kelompok militan Jaish-e-Mohammad (JeM) yang berbasis di Pakistan mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Menyusul pengakuan ini, India melayangkan tuduhan terhadap pemerintah Pakistan. New Delhi menilai Islamabad turut mendukung aksi serangan itu, namun hal itu langsung dibantah.

Di dalam negeri, Perdana Menteri Narendra Modi yang bakal menghadapi pemilihan umum Mei mendatang memperoleh desakan untuk memberikan sanksi tegas pada Pakistan. Menanggapi tekanan tersebut, Modi menyatakan bahwa ia telah memberi kewenangan terhadap militer untuk menumpas kelompok militan di perbatasan. Pasukan India pun segera mengisolasi desa Pinglan di Pulwama, Kashmir, tempat di mana ledakan tersebut terjadi.

Kashmir adalah kawasan sengketa yang selama berpuluh-puluh tahun menjadi sumber konflik India dan Pakistan. Kedua negara ini sama-sama mengklaim seluruh Kashmir namun mereka melakukan pembagian administrasi.

sumber: Rueters