Gembleng Relawan di Sumbar, Bursah: “Aneh Kok Masih Ada Yang Tuduh Jokowi Anti Islam”

Ketua Umum Kornas Reliji Bursah Zarnubi ketika menyampaikan pengarahan dalam acara pembekalan relawan di Hotel Axana Padang, Senin (4/3).

Padang, Sayangi.com – Relawan Indonesia Jokowi (Reliji) menggelar pelatihan dan pembekalan relawan dalam rangka kampanye dari pintu ke pintu (door to door) di Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Umum Kornas Reliji Bursah Zarubi meminta para relawan agar menyampaikan informasi yang benar tentang profil Jokowi yang dekat dengan umat Islam dan mensosialisasikan program-program pembangunannya yang pro rakyat.

“Datangi masyarakat dari rumah ke rumah dengan sopan, sampaikan bahwa Jokowi merupakan pribadi muslim yang taat beribadah, rajin shalat berjamaah, sering menjadi imam shalat, dan sudah menunaikan ibadah haji bersama istri sejak tahun 2003,” kata Bursah ketika memberikan arahan pada pembekalan relawan di Hotel Axana Padang, Senin (4/3).

Penyampaian informasi tentang pribadi Jokowi yang benar menurut Bursah sangat penting untuk menangkal informasi hoaks yang berusaha membuat jarak antara Jokowi dan umat Islam.

“Saya tidak habis pikir ada yang menuduh Jokowi anti Islam, malah ada yang bilang dia PKI. Secara logika kan tidak masuk akal, dan anehnya masih saja ada yang percaya,” kata Bursah.

Menurut Bursah, Jokowi kerap menjalin hubungan erat dengan ulama dan tokoh-tokoh Ormas Islam. Ia sering mengundang ulama dan tokoh Islam ke istana untuk mendiskusikan berbagai masalah keumatan. Saat kunjungan ke daerah, Jokowi sering menyempatkan diri mendatangi pondok pesantren di daerah tersebut.

Keberpihakan Jokowi terhadap umat diwujudkan melalui sejumlah program seperti bank wakaf, mendukung program santripreneur, penetapan Hari Santri Nasional, redistribusi aset, mendorong kemitraan pengusaha besar dengan UKM yang melibatkan pesantren, hingga aktif mendorong pegembangan islam wasathiyah (moderat) sebagai arus utama.

“Yang paling spektakuler, Jokowi menggagas dan telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia di Depok Jawa Barat. Saya membayangkan kampus ini akan menjadi pusat peradaban pendidikan Islam dunia,” kata Bursah.

Acara pelatihan dan pembekalan relawan ini diikuti oleh perwakilan dari Reliji Provinsi Sumatera Barat, perwakilan koordinator daerah Reliji dariKabupaten/Kota se Sumatera Barat, dan sekitar 300 relawan Kota Padang. Turut hadir juga Ketua Forum Komunikasi Relawan Pemenangan Jokowi Mayjen (purn) Hastind Asrin.

Total relawan yang akan diterjunkan oleh Reliji pda door to door campaign di Provinsi Sumatera Barat berjumlah 1.400 Orang. Mereka akan menyebarkan brosur yang antar lain berisi tentang capaian kinerja Jokowi selama memimpin Indonesia.

Relawan akan melaksanakan kegiatannya selama 15 hari dimulai dengan workshop propinsi dan kabupaten/kota, hingga kampanye door to door.