Penemu Kalkulator dan Peraih Nobel Jerry Merryman Tutup Usia

Jerry Merryman tutup usia. Foto NBC News
Jerry Merryman tutup usia. Foto NBC News

Dallas,Sayangi.com- Jerry Merryman, salah satu penemu kalkulator elektronik gengam, tutup usia. Jerry telah dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember setelah mengalami komplikasi selama pembedahan untuk memasang alat pacu jantung.

Jerry tutup usia tanggal 27 Februari diusia 86 tahun. Ia meninggal sebuah rumah sakit di Dallas akibat komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal, ujar putri tirinya, Kim Ikovic.

Semasa hidupnya Jerry dikenal sebagai orang yang tidak hanya cerdas namun juga baik hati. Ia memiliki selera humor yang baik.Jerry Merryman lahir di kota kecil yaitu Hearne, di Texas Tengah, pada tanggal 17 Juni 1932. Ia kuliah di Texas A&M University di College Station namun tidak menamatkannya.

Sebaliknya, ia bekerja untuk jurusan oseanografi dan metereologi di universitas itu dan tak lama kemudian ia pindah kerja ke sebuah anjungan minyak di Teluk Meksiko dan tugasnya adalah mengukur kekuatan angin topan. Ia mulai bekerja di Texas Instruments tahun 1963, saat ia baru berusia 30 tahun

Jerry Merryman dan James Van Tassel serta Jack Kilby,dianggap sebagai penemu kalkulator genggam yang menjelma menjadi sebuah revolusi elektronik.ā€¯Ketiganya berhasil menciptakan karya tersebut saat bekerja untuk perusahaan Texas Instruments yang berpusat di Dallas.

Tim yang dipimpin oleh Jack Kilby,telah merintis jalan untuk komputer yang kita kenal sekarang dengan diciptakannya sirkuit terintegrasi. Kalkulator besutan tiga orang tersebut meraih Hadiah Nobel, selain juga James Van Tassel. Purwarupa dari kalkulator yang mereka ciptakan sekarang tersimpan di Smithsonian Institution.

sumber: new york time