Disembunyikan di Bungkus Keripik Kentang, Polisi Sita Ribuan Butir Ekstasi Asal Malaysia

Ekstasi dalam bungkus kripik kentang.

Jakarta, Sayangi.com – Satres Narkoba Polres Jakarta Barat menangkap tiga pria pengedar narkoba jenis ekstasi yang dibawa dari Malaysia. Diketahui ketiga tersangka merupakan jaringan pengedar internasional.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat AKBP Erick Frendiz mengatakan, dari ketiga tersangka, salah satunya merupakan warga negara Malaysia berinisial G. Sementara dua orang lainnya merupakan warga negara Indonesia berinisial YT (34) dan DO (30).

Pada mulanya, petugas mendapat informasi dari masyarakat mengenai adanya peredaran narkoba di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Berbekal informasi tersebut, polisi langsung bergerak dan melakukan pengintaian

“Akhirnya dua tersangka berinisial YT (34) dan DO (34) yang berperan sebagai kurir ditangkap di sebuah hotel di kawasan Tamansari, Jakarta Barat,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/3).

Dari tangan keduanya, lanjut Erick,  petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 3.800 butir ekstasi. Dalam melakukan aksinya, pelaku memasukkan narkoba tersebut ke bungkus produk makanan ringan.

“Kami berhasil mengamankan ribuan pil ekstasi yang dikemas di dalam dua kemasan keripik kentang rasa telur asin,” jelasnya.

Kepada petugas, sambung Erick, tersangka mengaku mendapatkan narkoba tersebut dari G yang merupakan warga negara Malaysia. G ternyata merupakan kaki tangan dari seorang bandar besar yang saat ini mendekam di Lapas Tanjung Gusta.

“Satu tersangka yang berinisial G diamankan di Bandara Kualanamu, Medan,” terangnya.

Dari pemeriksaan sementara, para pelaku telah melakukan transaksi narkoba sebanyak tujuh kali. Mereka selalu berhasil lolos dari pemeriksaan Bandara, karena narkoba disembunyikan di bungkus makanan ringan.

“G mengaku bekerjasama dengan jaringan narkoba di Lapas Tanjung Gusta, yang dikendalikan bandar internasional yang berada di Penang, Malaysia,” kata Erick.

Dari tangan para tersangka, polisi berhasil menyita dua bungkus kemasan keripik kentang rasa telur asin, yang berisi 1.900 butir ekstasi logo IG warna ungu, lalu 1.600 butir ekstasi berlogo KENZO warna orange. Selain itu, ada 300 butir ekstasi berogo monyet warna pink, serta enam unit ponsel berbagai merk milik tersangka.