Daftar Tujuh Negara Tujuan Favorit Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Setiap hari minggu TKI yang bekerja di Hongkong bertemu rekan di taman Victoria. Foto Istimewa
Setiap hari minggu TKI yang bekerja di Hongkong bertemu rekan di taman Victoria. Foto Istimewa

Jakarta,Sayangi.com- Sebanyak lebih dari 6 juta tenaga kerja Indonesia saat ini bekerja di 146 negara di seluruh dunia. Tujuh di antaranya adalah negara yang paling banyak mempekerjakan buruh asal IndonesiaDari tahun ke tahun.

Lantas negara mana sajakah yang menjadi tujuan para TKI Indonesia,berikut urutannya

1. Malaysia
Malaysia menjadi tujuan utama tenaga kerja asal Indonesia. Menurut data BNP2TKI, sejak tahun 2012 sudah lebih dari setengah juta buruh migran melamar kerja di negeri jiran itu. Tidak heran jika remitansi asal Malaysia juga termasuk yang paling tinggi.

2. Taiwan
Lebih dari 320.000 buruh Indonesia diterima kerja di Taiwan sejak tahun 2012. Lantaran Taiwan membatasi masa kerja buruh asing maksimal 3 tahun, kebanyakan TKI mendarat di sektor formal.

3. Arab Saudi
Sejak 2011 Indonesia berlakukan moratorium pengiriman TKI ke Timur Tengah, terutama Arab Saudi. Namun larangan itu cuma berlaku buat sektor informal seperti pembantu rumah tangga. Sementara untuk sektor formal, Indonesia masih mengrimkan sekitar 150 ribu tenaga kerja ke Arab Saudi sejak tahun 2012.

4. Hong Kong
Sedikitnya 137 ribu TKI asal Indonesia diterima bekerja di Hongkong sejak 2012. Uang kiriman mereka pun termasuk yang paling besar, yakni sekitar 673,6 juta Dollar AS. Kendati bekerja di negara makmur dan modern, tidak sedikit TKI yang mengeluhkan buruknya kondisi kerja. Tahun 2014 silam ribuan TKW Indonesia pernah membuat geger demontrasi  di Hong Kong setelah seorang buruh bernama Erwiana dianiaya oleh majikannya.

5. Singapura
Bekerja sebagai TKI masih menjadi pilihan masyarakat dengan tujuan dapat memperbaiki kondisi perekonomian keluarga. Singapura juga menjadi salah satu negara tetangga yang cukup banyak mempekerjakan para TKI di negaranya.

Tercatat sebanyak 2.303 tenaga kerja Indonesia mengadukan nasibnya di negara yang luasnya bertambah karena adanya proses reklamasi.
Menurut BNP2TKI, sebagian besar buruh Indonesia di Singapura bekerja di sektor informal sebagai pembantu rumah tangga.

6.Uni Emirat Arab
Lebih dari 100 ribu tenaga kerja Indonesia ditempatkan di Uni Emirat Arab sejak tahun 2012.Tahun 2018 sebanyak 1.260 tenaga kerja Indonesia bekerja di negara kilang minyak UEA.

7. Qatar
Lantaran moratorium, pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Timur Tengah banyak menurun. Qatar yang tahun 2012 masih menerima lebih dari 20 ribu TKI, tahun 2015 jumlahnya cuma berkisar 2400 tenaga kerja. Sejak 2012 sedikitnya 46 ribu buruh Indonesia bekerja di negeri kecil di tepi Arab Saudi itu