Korea Selatan Mulai Terapkan Perangkat 5G

Foto Smart Cities World
Foto Smart Cities World

Seoul,Sayangi.com- Korea Selatan (Korsel) membuat debut baru di bidang telekomunikasi. ‘Negeri yang dipimpin , pada Jumat (5/4), akan meluncurkan jaringan seluler 5G secara penuh dan menjadi yang pertama di dunia.

Langkah tersebut merupakan lompatan transformasi yang mengendalikan sebuah inovasi yang berpotensi mengubah perilaku dan kehidupan harian miliaran orang di dunia. Bagaimanapun komunikasi supercepat yang digembar-gemborkan dengan teknologi nirkabel generasi kelima tersebut akan menopang segalanya.  Penerapan teknologi tersebut mulai dari pemanggang hingga telepon serta dari mobil  ke jaringan listrik.

Korsel telah memenangi perlombaan untuk menjadi yang pertama memberikan pengalaman terbaru kepada para pengguna. Gebrakan Korsel tersebut hanyalah bagian dari pertempuran yang lebih luas.

Di sisi lain, saat ini tengah berlangsung perang yang lebih dahsyat, yakni perseteruan antara Amerika Serikat (AS) dan pemerintah Tiongkok serta raksasa telekomunikasi milik Tiongkok,Huawei. Implikasi penggunaan 5G oleh Huawei secara tidak langsung telah mengadu Washington dengan Beijing.

Kini Huawei terus berjuang melawan serangan dari negara-negara Barat yang bertekad menutup akses pasar mereka. Langkah paling serius tercermin dari penahanan petinggi Huawei, Meng Wanzhou, di Kanada pada akhir tahun lalu.

Penahanan Meng Wanzhou, merupakan permintaan AS. Negara saingan Ekonomi China ini juga diketahui telah menekan sekutu mereka untuk menghindari solusi 5G dari Huawei. Lain persoalan bagi Korsel yang telah lama memiliki reputasi di bidang kecakapan teknis. Peluncuran 5G adalah prioritas mereka.

Langkah itu untuk mendukung upaya pemerintah Korsel guna merangsang pertumbuhan ekonomi mereka.Dengan peluncuran layanan 5G, pengembangan perangkat di masa depan, yaitu mulai kendaraan self-driving yang mengirim lalu lintas data satu sama lain dalam waktu real time, robot industri, drone, dan elemen lain dari instrumen yang terkoneksi internet, akan ikut melejit.

Sistem 5G Korea Selatan akan membawa konektivitas yang mendekati instan atau 20 kali lebih cepat daripada 4G yang ada saat ini. Kebijakan tersebut memungkinkan pengguna untuk mengunduh seluruh film dalam waktu kurang dari satu detik.

Aplikasi layanan 5G diperkirakan akan menghasilkan uang bagi Korsel sekitar US$565 miliar secara global pada 2034 mendatang. Pencapaian itu dirilis Sistem Global untuk komunikasi seluler yang berbasis di London.

Dengan peluncuran layanan 5G, pengembangan perangkat di masa depan, yaitu mulai kendaraan self-driving yang mengirim lalu lintas data satu sama lain dalam waktu real time, robot industri, drone, dan elemen lain dari instrumen yang terkoneksi internet, akan ikut melejit.