Terkait Chat Whatsapp Yusril, Kuasa Hukum Habib Rizieq: Sarat Politisasi

Yusril Ihza Mahendra dan Habib Rizieq Shihab

Jakarta, Sayangi – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra membeberkan sejumlah bukti percakapan dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Percakapan lewat aplikasi Whatsapp ini terkait keraguan Rizieq soal keislaman Prabowo Subianto.

Pernyataan Yusril ini terkait unggahan video Rizieq di YouTube yang menyatakan, dirinya tidak pernah berkomunikasi dengan Yusril terkait dukungan terhadap Prabowo di Pilpres 2019.

Menanggapi hal tersebut, Kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Pawiro mengatakan, pihaknya masih melakukan klarifikasi ke kliennya terkait percakapan yang dibeberkan Yusril. Namun ia menilai, apa yang disampaikan pakar hukum tata negara itu sarat kepentingan politik.

“Saya sedang lakukan klarifikasi ke Habib (Rizieq). Tapi menurut saya sendiri itu hanya sekedar politisasi terhadap kedua belah pihak,” ujar Sugito ketika dikonfirmasi, Kamis (4/4).

Sampai saat ini, Sugito belum dapat mengkonfirmasi kebenaran dari bukti percakapan tersebut. Pasalnya, ponsel milik Rizieq lebih sering dipegang oleh ajudannya.

“Saya cek dulu ya ke Habib, soalnya ada beberapa Hp Habib itu dipegang oleh ajudannya. Jadi takutnya bukan Habib yang ngebalas chat itu, makanya saya cek dulu,” tuturnya.

Sebelumnya, Habib Rizieq dalam video wawancara yang diunggah Front TV membantah dirinya sering berkomunikasi dengan Yusril Ihza Mahendra. Dia mengaku hanya sekali berkomunikasi dengan Yusril melalui telepon.

“Selama dua tahun saya hijrah ke tanah suci ini, saya hanya pernah berkomunikasi lewat telepon dengan Pak Yusril Ihza Mahendra, hanya satu kali. Itu pun bukan dalam konteks Prabowo. Karena komunikasi ini terjadi dua tahun yang lalu,” kata Rizieq.