Prancis Nyatakan UE Tidak akan Disandera Brexit

Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto Getty Image
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto Getty Image

Paris,Sayangi.com- Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyatakan, Uni Eropa (UE) tidak akan disandera oleh krisis politik di Inggris atas Brexit. Inggris saat ini masih terjebak dalam perbedatan, setelah Parlemen Inggris selalu menolak prposal Brexit yang diajukan Theresa May.

“Uni Eropa tidak dapat menjadi sandera atas resolusi krisis politik di Inggris dalam jangka panjang,” kata Macron. Hal tersebut ia utarakan saat melakukan konferensi pers dengan Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar.

Macron mengatakan, tiga kali penolakan terhadap perjanjian penarikan di House of Commons dan tidak memiliki rencana alternatif pada tahap ini menempatkan UE di jalur keluar Inggris tanpa adanya kesepakatan.

Uni Weopa telah mendesak Inggris untuk mempresentasikan rencana alternatif yang kredibel sebelum 10 April, saat KTT darurat Brexit akan diadakan. Presiden Prancis  Macron menuturkan bahwa jika Inggris tidak mampu melakukan ini, maka UE akan memutuskan sendiri. UE akan secara de facto,  mengambil jalur Brexit tanpa sebuah kesepakatan.

Seperti diketahui, UE baru-baru ini memberikan perpanjangan Brexit. Jubir Uni Eropa mengatakan batas waktu adalah 12 April, setelah House of Commons kembali tidak menyetujui kesepakatan Brexit yang diajukan oleh May.

sumber: anadolu