Amerika Serikat dan Korea Selatan Berpacu Luncurkan Jaringan 3G

Seoul,Sayangi.com- Korea Selatan meluncurkan jaringan seluler 5G nasional pertama di dunia pada 4 April 2019. Keputusan tersebut 2 hari lebih awal dari yang dijadwalkan. Informasi tersebut disampaikan operator seluler utama jaringan 5G Korsel, kemarin. Peluncuran tersebut tujuan untuk merebut posisi puncak sebagai penyedia pertama teknologi nirkabel supercepat.

Tiga perusahaan telekomunikasi terkemuka ‘Negeri Ginseng’, yakni SK Telecom, KT, dan LG Uplus telah memulai layanan 5G mereka pada Rabu (3/4), pukul 23.00 waktu setempat. Akan tetapi operator-operator lainnya mengumumkan tanggal peluncurannya pada 5 April.

Korsel yang hiperkabel sejak lama dikenal memiliki reputasi dalam hal kecakapan teknis. Seoul menjadikan peluncuran 5G sebagai prioritas untuk merangsang pertumbuhan ekonomi negara itu.

Adanya spekulasi bahwa operator seluler Amerika Serikat (AS), Verizon, mungkin menyebabkan Korea Selatan memulai layanan 5G mereka lebih awal. Informasi tersebut memaksa perusahaan penyedia Korsel buru-buru mengatur peluncuran 5G dengan segera.

Verizon dikabarkan mulai meluncurkan layanan 5G di Chicago dan Minneapolis. Pabrikan telekomunikasi tersebut telah meluncurkan 5G pada Rabu (3/4) waktu AS atau seminggu lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

Verizon akan bekerja dengan smartphone Moto Z3 Lenovo. Namun, menurut kantor berita Yonhap, peluncuran di Korsel lebih cepat 2 jam dari jadwal sebelumnya.

“SK Telecom hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengaktifkan layanan 5G untuk enam selebritas yang mewakili Korea pada pukul 23.00, 3 April 3 2019,” kata operator seluler terbesar di negara itu, dalam siaran pers yang dirilis kemarin.

“Para selebritas itu termasuk dua anggota band K-pop EXO dan pahlawan ice skating Olimpiade Kim Yu-na adalah pelanggan smartphone 5G pertama di dunia.”

Sementara itu, KT dan LG Uplus mengatakan, mereka juga akan meluncurkan layanan 5G secara bersamaan. Untuk pelanggan umum, layanan akan tersedia mulai hari ini, yakni ketika Samsung Electronics meluncurkan Galaxy S10 5G yang merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi 5G.

sumber: AFP