Italia : Asosiasi Wasit Akui Kesalahan Saat Laga Milan Vs Juventus

Pertandingan Jiventus - Milan pada Minggu (7/4) menyisakan PR asosasi wasit Italia. Foto ESPN
Pertandingan Jiventus - Milan pada Minggu (7/4) menyisakan PR asosasi wasit Italia. Foto ESPN

Roma, Sayangi.com- Asosiasi Wasit Italia (AIA) menanggapi rasa kecewa kubu AC Milan setelah menelan kekalahan 1-2 dari Juventus. Kekalahan tersebut terjadi saat pertandingan lanjutan Serie A turnamen Italia giornata ke-31. Melalui perwakilannya, AIA akan bertemu dengan kubu Milan untuk mengakui adanya kesalahan dalam kekalahan tersebut.

Pada Senin (8/4) waktu setempat, Presiden AIA Marcello Nicchi dan Nicola Rizzoli akan bertemu dengan Pelatih Milan Gennaro Gattuso serta direktur olahraga Leonardo Araujo.

Kemenangan Juventus atas Milan mendapat tanggapan miring dari para pecinta Serie A Italia. Alih alih nama wasit Michael Fabbri menjadi populer lantaran kepemimpinannya di atas lapangan yang terlihat memalukan.

Kesalahan mutlak wasit yang baru resmi diangkat menjadi wasit FIFA adalah pada menit ke-37. Saat umpan silang Hakan Calhanoglu dari sisi kiri pertahanan Juve mengenai tangan Alex Sandro di dalam kotak terlarang namun wasit tidak memberikan penalti kepada tim tamu.

Meski melihat tayangan ulang melalui VAR, wasit Fabbri, memutuskan bahwa insiden itu bukan merupakan tindakan sengaja. Wasit Fabbri berpedoman bahwa tangan Sandro dinilai pasif.

Kesalahan wasit Fabbri lainnya yang memalukan terjadi pada babak kedua tepatnya menit ke-87. Wasit lapangan hijau berkepala plontos dinilai terlalu baik kepada penyerang Bianconeri, Mario Mandzukic. Saat Striker asal Kroasia tertangkap kamera sengaja menendang kaki kapten Milan, Alessio Romagnoli namun hal ini luput dari pandangannya.

Walau silap dari pandangan mata, Fabbri, juga enggan menyaksikan insiden itu di VAR. Alhasil, Mandzukic lolos dari hukuman kartu merah. Sebelumnya, ia mendapat kartu kuning setelah menekel keras Samu Castillejo.

Dalam pertandingan diatas nasib nahas justru diterima Calhanoglu. Saat ia tak bermaksud menghadang langkah Federico Bernardeschi saat tengah menggiring bola, Calhanoglu malah diganjar kartu kuning. Padahal, Calhanoglu melompat dengan kaki rapat sama sekali tidak terangkat, gestur menghindari benturan berbahaya.

Milan sejatinya tampil baik ketimbang Juventus. Buktinya, i Diavollo sukses mencetak gol terlebih dahulu melalui Krzysztof Piatek pada menit ke-39.

sumber:msn