India Barat Dilanda Hujan Badai Korban Jiwa 35 Orang

Ilustrasi

Benggala,Sayangi.com-  Wilayah India Barat dihantam hujan badai. Dilaporkan bencana tersebut menewaskan 35 orang korban jiwa dan menyebabkan kerusakan luas.

Angin kencang menerpa negara bagian kota Rajasthan, Gujarat, dan Madhya Pradesh. Kencangnya angin menghancurkan dinding, menumbangkan pohon, dan merusak aliran listrik. Dilaporkan badai yang melanda memakan korban jiwa 25 orang di wilayah India yang berbatasan dengan Pakistan,

Media lokal melaporkan sekitar 10 orang tewas di negara bagian Rajashtan. Sejumlah bangunan di beberapa kota bahkan hancur sampai menjadi debu. Di wilayah Gujarat, korban jiwa sebanyak 10 orang . Sedangkan wilayah negara bagian Madhya Pradesh, jumlah korban jiwa tercatat 15 orang.

Badai dahsyat berdampak pada pembatalan beberapa agenda kampanye politik di tengah pemilu nasional India. Angin kencang bahkan mengempaskan tenda yang seharusnya digunakan untuk perhelatan rapat umum Perdana Menteri (PM), Narendra Modi, di Himmatnagar, Gujarat

Para pejabat pemerintahan India menyatakan sebagian korban tewas akibat tersambar petir, tertimpa pohon tumbang, dan tersengat aliran listrik. Angin kencang disertai hujan deras juga melanda wilayah New Delhi, ibu kota India. Suhu musim panas terpantau turun 10 derajat Celsius.

Perdana Menteri Narendra Modi mengungkapkan kesedihan atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana tersebut akibat hujan yang melanda wilayah Gujarat . Maodi menghimbau bantuan untuk bencana tersebut melalui kicauannya di Twitter, Rabu (17/4) pagi.

Naun kicauan Modi , membuat Ketua Menteri Madhya Pradesh, Kamal Nath, menuduh perdana menteri hanya memedulikan negara asalnya, Gujarat.

Tweet Modi  kemudian mengatakan, “PM @narendramodi telah menyatakan kesedihan atas hilangnya nyawa karena hujan dan badai di MP, Rajasthan, Manipur & berbagai bagian negara. Pemerintah melakukan yang terbaik untuk memberikan semua bantuan yang mungkin kepada mereka yang terkena dampak. Situasi ini sedang dipantau secara ketat.”

Senada dengan Modi,Menteri Dalam Negeri Rajnath Singh mengatakan, pemerintah sedang memantau situasi di daerah-daerah yang dilanda hujan. Menurut Mendagri Ragnath pemerintah siap untuk memberikan semua bantuan yang mungkin untuk negara-negara yang terkena dampak hujan dan badai.

sumber: AFP