Volodymyr Zelensky Komedian Ukraina Menangi Presiden

Velodymyr Zelenskiy Komedian Ukraina yang melenggang rebut kursi Presiden. Foto RFE/RL
Velodymyr Zelenskiy Komedian Ukraina yang melenggang rebut kursi Presiden. Foto RFE/RL

Kiev, Sayangi.com- Komedian Volodymyr Zelensky memenangkan pemilihan presiden (pilpres) Ukraina secara telak. Menurut data exit poll, pelawak tersebut mengalahkan kandidat presiden petahana Petro Poroshenko dengan perbandingan perolehan suara 73,2% : 25,3%

Pemungutan suara dari pilpres tahap kedua ini berlangsung hari Minggu (21/04/. Namun hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ukraina belum keluar karena proses penghitungan suara masih berlangsung.

Jeda pilpres tahap kedua dengan tahap pertama ini hanya berlangsung tiga minggu. Dalam konferensi pers singkat, Poroshenko mengakui kekalahannya. Dia mengatakan akan membantu presiden baru sambil menunggu pengumuman resmi KPU Ukraina dan proses pelantikan.

“Bulan depan, saya akan meninggalkan kantor kepala negara. Ini adalah keputusan mayoritas orang Ukraina. Saya menerima keputusan ini. Saya meninggalkan kantor, tetapi saya ingin menegaskan bahwa saya tidak meninggalkan politik. Saya akan berjuang untuk Ukraina,” kata Poroshenko.

“Tim saya dan saya siap mendukung presiden (baru) dalam segala hal yang membuat kami dekat dengan Uni Eropa dan NATO. Dan antara pengumuman resmi hasil pemilihan dan pelantikannya, saya siap untuk menghabiskan waktu berapa pun tanpa batasan untuk membantu presiden baru bangkit dengan cepat,” ujar Poroshenko.

Melalui akun Twitter-nya, @poroshenko, presiden yang selama ini bermusuhan dengan Rusia tersebut juga mengakui kekalahannya. “Kami berhasil memastikan pemilihan yang bebas, adil, demokratis dan kompetitif. Tidak diragukan lagi bahwa Ukraina telah menetapkan standar tinggi baru untuk kampanye pemilihan demokratis. Saya akan menerima kehendak orang-orang Ukraina,” tulis dia.

Sementara itu, presiden terpilih Zelensky berjanji kepada pendukungnya untuk tidak mengecewakan mereka. Ia pun mengatakan”Meskipun saya belum secara resmi menjadi presiden, sebagai warga negara Ukraina saya dapat memberi tahu semua negara pasca-Soviet: Lihatlah kami! Segalanya mungkin!,ungkap Poroshenko.

Zelensky adalah bintang dari acara situasi komedi (sitkom) televisi “Servant of the People”. Dalam acara komedi tersebut, dia memerankan sosok sebagai guru yang berjuang melawan korupsi hingga akhirnya menjadi presiden. Siapa sangka di kehidupan nyata, sang pelawak benar-benar jadi presiden.

 

 

sumber: Aljazeera