ISIS : Video Terbaru Abu Bakr al-Baghdadi Dirilis

Abu Bakr al-Baghdadi. Foto The Mirror
Abu Bakr al-Baghdadi. Foto The Mirror

Bagdad,Sayangi.com-Kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS mengeluarkan video Abu Bakr al-Baghdadi yang mereka katakan sebagai pemimpinnya.

Video ini adalah penampilannya yang pertama, sejak ia mengumumkan berdirinya kekhalifahan Islam di kota Mosul, Irak, lima tahun lalu.

Dalam video baru ini, Baghdadi mengakui kekalahan di Baghuz. Menurutnya wilayah ini adalah pertahanan terakhir kelompok itu di Suriah Timur. Namun, dia bersumpah untuk membalas dendam atas kekalahannya.

Tidak jelas kapan video ini direkam. ISIS hanya mengklaim pengambilan gambar dilakukan pada April.

Dalam videp tersebut Baghdadi mengklaim serangan yang terjadi saat Minggu Paskah di Sri Lanka merupakan pembalasan atas jatuhnya kota Baghuz di Suriah Timur

Akan tetapai, wartawan BBC Mina al-Lami menunjukkan klaim awal ISIS mengenai serangan Sri Lanka tidak merujuk pada kota itu. Penyandang doktor tentang studi Alquran juga mengatakan dirinya mendapat janji setia militan di Burkina Faso dan Mali.

Di video tersebut Bagdadi juga berbicara tentang aksi di Sudan dan Ajazair. Pria yang memiliki nama lahir Abu Bakr al-Baghdadi mengklaim bahwa jihad adalah satu-satunya solusi bagi “tirani”.

Pemimpin negara yang sudah berkuasa dalam waktu lama di kedua negara ini telah digulingkan oleh rakyatnya sendiri bulan ini.

Namun, sosok Baghdadi perlahan menghilang menjelang akhir video. Rekaman berganti dengan rekaman suaranya yang sedang membahas serangan di Sri Lanka. Rekaman video ini menunjukkan bahwa bagian ini direkam setelah video utama dibuat.

Baghdadi – seorang warga negara Irak yang memiliki nama asli Ibrahim Awwad Ibrahim al-Badri . Diwartakan pria kelahiran Samarra, Irak terakhir muncul hanya melalui rekaman suara pada Agustus silam.

Sejak kemunculannya di depan umum pada tahun 2014, ia tak pernah tampil lagi. Hanya ada beberapa laporan kematiannya yang belum dikonfirmasi dan beberapa rekaman suara yang tidak terverifikasi

Pada Agustus silam, pria kelahiran 1971 ini tampaknya berusaha mengalihkan perhatian dari kekalahan yang dialami kelompoknya, kata Martin Patience koresponden BBC Timur Tengah. Namun, video terbaru berdurasi 18 menit ini membahas kekalahan itu secara langsung.

“Pertempudan untuk Baghuz sudah berakhir,”Abu Bakr al-Baghdadi. Iapun menambahkan: “Akan ada lebih banyak yang akan datang sertelah pertempuran ini.”

sumber:BBC