Jerman Berlakukan Uji Coba Operasi “eHighway” Jalan Tol

Foto cnet com
. Foto cnet com

Berlin,Sayangi.com-  Jerman untuk pertama kali melakukan uji pengoperasian eHighway. Saat uji coba Truk-truk listrik akan mendapat suplai listrik dari perangkat kabel di atas truk. Uji coba dilaksanakan di sebuah jalan raya dekat kota Frankfurt.

Hari Selasa (07/05) truk hibrida diesel-listrik memasuki jalan tol empat jalur di jalan bebas hambatan A5 antara kota Darmstadt dan Frankfurt. Pada ruas jalan sepanjang 3 kilometer di kedua arah, truk-truk itu bisa mendapat suplai listrik dari jaringan kabel di atasnya.

Setelah bertahun-tahun ujicoba di luar jalan raya, sekarang sistem mobil dan jalan listrik mulai diuji pada lalu lintas biasa. Kementerian Lingkungan Hidup Jerman berharap proyek tersebut dapat berkontribusi pada sistem transportasi yang netral-iklim.

Peneliti lalu lintas dari Universitas Teknis Darmstadt akan menilai data-data ekonomi. Para peneliti itu juga ana meneliti ekologi yang diperoleh selama tiga tahun selama masa percobaan eHighway.

Desember lalu, sebuah truk hibrida sudah melakukan uji coba pada malam hari,namun hanya dengan kecepatan lambat. Mulai Selasa,minggu ini  truk-truk hibrida pertama kali diuji dalam lalu lintas padat dan normal. Sistem ini awalnya dikembangkan bersama perusahaan Siemens di lapangan terbang bekas militer dekat kota Berlin.

Pengembangan ini merupakan “tonggak bagi upaya untuk menghilangkan karbon dari lalu lintas angkutan darat di Jerman,” kata Roland Edel, kepala teknologi Siemens Mobility GmbH.

Pertengahan 2020, lima truk hibrida sudah mulai melakukan tes di jalan tol A5 setiap hari. Ruas jalan tol itu rata-rata dilalui 135.000 kendaraan setiap hari, sekitar10 persen di antaranya adalah kendaraan berat.

Truk uji coba dilengkapi dengan baterai dan pantograf – sarana “penangkap kawat listrik” yang dipasangi sensor. Pantograf secara otomatis akan dijulurkan untuk menjangkau kabel listrik yang terpasang di sepanjang ruas jalan. Beberapa ratus tiang penyangga dipasang di sepanjang jalur A5.

Kabel arus searah bertegangan 670-Volt itu akan dimatikan secara otomatis, jika kabel putus secara tidak sengaja. Selama musim dingin, sarana itu juga dilengkapi dengan sistem anti-es untuk menjamin kelancarannya beroperasi.

Sumber dana untuk tahap uji coba senilai 15 juta euro datang dari Kementerian Lingkungan Hidup. Sebelumnya lembaga ini sudah menginvestasikan 14,6 juta euro untuk mendirikan tiang, kabel, dan infrastruktur listriknya.

Juru bicara Kementerian Lingkungan Hidup Stephan Haufe menerangkan “Jika dinilai layak, Jerman akan memasang jaringan kabel itu di 1.000 kilometer. Kabel tersebut akan terbentang di jalan tol dari seluruhnya 13.000 kilometer jalan bebas hambatan di Jerman.

Sebuah studi Kementerian Transportasi Jermanmenyebutkan, sampai 80 persen lalu lintas truk di Jerman pada akhirnya dapat menggunakan eHighway. Tes serupa telah diluncurkan dekat kota Stockholm dan Los Angeles sejak 2016.

sumber: Deutch Welle