Kivlan Zen dan Eggi Sudjana Akan Kembali Gelar Aksi, Hampir 9.000 Personel Disiapkan

Aksi tolak kecurangan Pemilu

Jakarta, Sayangi.com – Sejumlah massa dari Gabungan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (Gerak) akan kembali melakukan aksi unjuk rasa di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, Jumat (10/5). Gerak sendiri hadir dan diprakarsai oleh Eggi Sudjana dan Kivlan Zen.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan aksi tersebut. Pengamanan difokuskan di dua titik, yakni di KPU dan Bawaslu.

“Kita terjunkan gabungan 8.942 personil di dua titik, KPU dan Bawaslu. Prinsipnya kita sudah siap krna memang ada STTP yang dikeluarkan dari Polda Metro Jaya,” ujar Harry dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Harry, ada sejumlah aksi unjuk rasa lain yang dilakukan di wilayahnya hari ini. Namun yang menjadi fokus ialah unjuk rasa di depan KPU dan Bawaslu.

“Nah salah satunya di wilayah Bawaslu dan KPU, kita mempersiapkan personil itu sudah siap,” katanya.

Dalam aksi ini, rencana massa akan berkumpul dulu di Masjid Istiqlal untuk melaksanakan salat Jumat. Setelah itu, mereka baru akan bergerak ke KPU dan Bawaslu.

Untuk pengamanan di Istiqlal, kata Harry, tidak ada langkah khusus yang diambil Polres Jakarta Pusat. Sehingga hanya pengamanan rutin saja yang dilakukan di sekitar Istiqlal.

“Nah jumlah banyak sedikit personil itu tergantung tempat pengamanan. Kalau Istiqlal kan bercampur, antara massa dan masyarakat yang salat, jadi pengamanan rutin saja,” jelasnya.