Negosiasi dengan Korut Alot Presiden Trump Akan Melawat Korsel

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump . Foto CNBC.com
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump .Foto CNBC.com

Washington,Sayangi.com- Dalam waktu dekat Presiden AS Donald Trump akan mengunjungi Korsel dan bertemu koleganya Presiden Moon Jae-in. Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel).

Kunjungan tersebut untuk memajukan kerja sama bilateral. Trump diagendakan mengunjungi Korsel pada bulan Juni mendatang. Release yang dikeluarkan Gedung Putih menuliskan Presiden Donald J Trump akan mengunjungi Republik Korea untuk bertemu dengan Presiden Moon Jae-in. Pertemuan tersebut bersamaan dengan lawatannya ke wilayah Asia untuk menghadiri KTT G20 pada akhir Juni.

Dikatakan baik Trump dan Moon akan melanjutkan koordinasi sebagai upaya untuk mencapai denuklirisasi final yang sepenuhnya diverifikasi dari Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK). Gedung putih menggunakan nama resmi tersebut untuk Korea Utara (Korut).

Trump dan Moon dikatakan juga akan membahas cara-cara untuk memperkuat aliansi bilateral dan persahabatan antara kedua bangsa.

Dilaporkan pada kunjungan Moon ke Gedung Putih pada bulan April lalu, Trump mengatakan bahwa sanksi terhadap DPRK akan tetap berlaku. Namun Trump mengatakan tidak perlu untuk meningkatkan sanksi terhadap Korut.Trump juga mengatakan bahwa itu mungkin baginya untuk mengadakan pertemuan ketiga dengan pemimpin DPRK Kim Jong Un.

Kunjungan Trump ke Korsel dilakukan setelah Korut melakukan uji coba rudal jarak pendek pada awal minggu ini. Uji coba itu dilakukan bertepatan dengan kunjungan utusan khusus AS untuk Korut ke Korsel. Pyongyang mengatakan bahwa uji coba itu bagian dari latihan militernya.

Terkait uji coba rudal oleh Korut, Trump menganggap sepele. Presiden Trump mengatakan uci coba tersebut kukan kategori pelanggaran lantaran rudal yang ditembakkan sangat standar.

sumber: Xinhua