Konflik Pemilu 2019, Adi Prayitno: Seharusnya Elit Politik Belajar Dari Cipayung Plus

Analis politik Adi Prayitno di acara Gerakan Indonesia Damai bertajuk "Merajut Persatuan, Memperkokoh Demokrasi Konstitusional" ini dilaksanakan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5).

Jakarta, Sayangi.com – Analis politik Adi Prayitno mengapresiasi deklarasi yang digagas oleh Gerakan Indonesia Damai dan kelompok Cipayung Plus. Deklarasi sekaligus acara buka bersama dengan tema “Merajut Persatuan, Memperkokoh Demokrasi Konstitusional” ini dilaksanakan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5).

Menurut Adi, semua unsur dalam kelompok Cipayung Plus telah berhasil mengesampingkan ego masing-masing. Hal ini dilakukan demi menyatukan bangsa Indonesia yang sempat terpolarisasi akibat Pemilu 2019.

“Deklarasi yang dilakukan oleh kelompok Cipayung Plus pada hari ini, kalau kita lihat secara utuh adalah sebuah miniatur Indonesia. Semua unsur ada di sini,” ujar Adi.

Harusnya, kata Adi, para elit dapat belajar dari kelompok Cipayung Plus. Pasalnya, ribuan aktivis dari berbagai suku, agama, etnis dan pandangan politik dapat bersatu demi persatuan bangsa.

“Bahwa ada kalanya memang berkompetisi tapi setelah Pemilu usai kita harus berangkulan, sekeras apapun persaingan itu. Semua itu selesai setelah pertarungan dinyatakan selesai oleh KPU dan Bawaslu,” jelasnya.

Dosen UIN Syarih Hidayatullah ini juga berharap, bulan suci Ramadan ini dapat menjadi momentum mendinginkan hati. Sehingga dapat menjaga keutuhan masyarakat dan bangsa.

“Siapapun yang terpilih jadi Presiden Republik Indonesia dia adalah kader terbaik bangsa. Siapapun yang tidak terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia dia juga adalah kader terbaik bangsa. Mari kita jaga persatuan,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum Perhimpunan Gerakan Kebangsaan (PGK) Bursah Zarnubi, Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, Rais Syuriah PBNU KH Masdar F Masudi, Politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait, Direktur Lima Indonesia Ray Rangkuti, Pengamat Politik Adi Prayitno, serta Ketua Umum dan Mantan Ketua Umum Organisasi Mahasiswa Cipayung plus. Acara juga disemarakkan dengan kehadiran musisi Sam Bimbo.