Polisi Nyatakan Siap Amankan Aksi Massa 22 Mei

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Sejumlah kelompok massa rencananya akan menggelar aksi di depan gedung KPU, Rabu (22/5). Polisi akan menempatkan anggotanya untuk mengamankan aksi tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pengamanan tersebut termasuk dalam rangkaian pengaman rapat pleno perhitungan suara. Sebagai lembaga negara yang sedang melaksanakan tugasnya, Polri wajib mengamankan agar tugas KPU dapat diselesaikan.

“Dari kami kepolisian mengamankan karena ada beberapa elemen massa yang akan melakukan penyampaian pendapat di depan umum. Hal ini tentunya telah diperbolehkan oleh Undang-undang,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (20/5).

Menurut Argo, pihak kepolisian akan menentukan sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penjagaan. Selain di depan kantor Bawaslu dan KPU, penjagaan juga akan dilakukan di sejumlah tempat strategis lainnya.

“Kita akan tempatkan personil dalam pengamanan gabungan ini, seperti di Istana Negara, gedung DPR dan tempat transportasi, seperti stasiun serta terminal,” paparnya.

Lebih jauh Argo berharap, para peserta aksi dapat mematuhi peraturan yang berlaku. Pasalnya dalam Undang-undang, diatur juga mengenai tata cara dalam menyampaikan pendapat.

“Dengan surat pemberitahuan itu, maka akan dilaksanakan dan didiskusikan oleh polisi, bagaimana dan siapa yang ketua, serta lokasi mana yang dipakai massa dalam aksinya itu. Hal ini juga tentunya ada juga terdapat surat izin lokasinya, yang akan disampaikan pendapat massa itu,” katanya.